Kementan

2 Bulan Terakhir 2019, Ekspor Pertanian Meningkat Tajam

Sesuai arahan Presiden Djoko Widodo bahwa ekspor dan investasi merupakan motor penggerak pertumbuhan ekonomi nasional, sehingga harus ditangani secara

2 Bulan Terakhir 2019, Ekspor Pertanian Meningkat Tajam
Humas Kementan
2 Bulan Terakhir 2019, Ekspor Pertanian Meningkat Tajam

Penulis: Ketut Kariyasa-Kapusdatin (Kepala Pusat Data dan Sistem Informatika) Kementerian Pertanian

TRIBUN-TIMUR.COM - Sesuai arahan Presiden Djoko Widodo bahwa ekspor dan investasi merupakan motor penggerak pertumbuhan ekonomi nasional, sehingga harus ditangani secara serius.

Untuk membumikan arahan presiden tersebut, Kementerian Pertanian yang dikomandoi oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) membuat terobosan baru dalam mendorong ekspor produk pertanian, yang dikenal dengan Gerakan Peningkatan Eskpor Pertanian Tiga Kali Lipat (Gratiek).

Melalui terobosan ini diharapkan dalam 5 tahun ke depan, secara bertahap ekspor produk pertanian meningkat 3 kali lipat dari sekarang.

Ditengah-tengah lesunya ekspor Indonesia, justru terobosan yang dibuat Menteri SYL telah menunjukkan hasil yang sangat membanggakan.

Hal ini terlihat dalam dua bulan terakhir (Nopember dan Desember 2019) ekspor produk pertanian meningkat tajam.

Volume dan nilai ekspor produk pertanian selama Nopember-Desember 2019 meningkat masing-masing 8,66% dan 10,90% dibandingkan pada periode Nopember-Desember 2018, yaitu dari 7,73 juta ton menjadi 8,40 juta ton; dan dari US$ 4,67 Milyar menjadi US$ 5,18 Milyar.

Pada periode tersebut, surplus neraca perdagangan produk pertanian Indonesia juga meningkat 34,72% dibanding tahun 2018, yaitu dari US$ 1,44 Milyar menjadi US$ 1,95 Milyar.

Pada tahun yang sama (2019), kinerja ekspor produk pertanian dalam dua bulan terakhir (Nopember dan Desember) juga lebih baik dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Hal ini tampak pada Nopember 2019 volume dan nilai ekspor produk pertanian meningkat masing-masing 7,35% dan 4,53% terhadap Oktober 2019.

Halaman
12
Editor: Rasni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved