Tribun Takalar

Warga Takalar Diimbau Tak Buang Sembarangan Puntung Rokok

Warga Kabupaten Takalar diimbau untuk tidak membuang puntung rokok sembarang.

Warga Takalar Diimbau Tak Buang Sembarangan Puntung Rokok
Humas Pemkab Takalar
Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kabupaten Takalar, Muhammad Said. (Foto Humas Pemkab Takalar) 

TRIBUN-TIMUR.COM, TAKALAR -- Warga Kabupaten Takalar diimbau untuk tidak membuang puntung rokok sembarang. Hal itu patut dilakukan demi mencegah potensi kebakaran hutan, lahan, ataupun rumah.

Hal itu disampaikan oleh Kantor Satuan Polisi Pamongpraja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Takalar.

Kepala Bidang Damkar Muhammad Said mengungkapkan kebakaran sering kali terjadi akibat kelalaian warga yang membuang puntung rokok sembarangan.

Kedua, penggunaan daya listrik yang berlebihan ataupun membakar sampah sembarang.

“Biasanya yang sering ditemukan penyebab terjadinya kebakaran itu akibat kelalaian manusia melalui puntung rokok, penggunaan daya listrik secara berlebihan dan membakar sampah secara sembarangan," kata Said, Senin (3/2/2020).

Mantan Kasubag Protokol Setda Takalar ini berharap kepada masyarakat untuk saling membantu mencegah dan menanggulangi dalam terjadinya kebakaran.

Ia meminta warga memastikan puntung rokoknya dimatikan sebelum dibuang, tidak menggunakan listrik di atas daya listrik dan tidak membakar sampah secara sembarangan.

Ia pun turut menjelaskan bagaimana cara mengatasi bencana kebakaran apabila terjadi kebakaran, sehingga tidak meluas sebelum petugas pemadam kebakaran sampai ke lokasi.

"Kami harap jika terjadi kebakaran masyarakat tidak panik, dengan cara memadamkan api sesuai yang telah diajarkan oleh damkar," katanya.

"Baik secara tradisional maupun secara modern sambil menunggu petugas Damkar tiba agar tidak terjadi kebakaran yang meluas," harapnya.

Halaman
12
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved