Catatan Bola dr Willy Kumurur

Merahnya Merah

Hanya keajaiban yang bisa halangi Liverpool juara Liga Primer Inggeris. Bahkan Pep Guardiola yakin The Reds sanggup juara La Liga dan liga top lainnya

Merahnya Merah
Willy Kumurur 

oleh: Willy Kumurur
Pemerhati Bola

SAMPAI musim panas 2013, magnet utama Liga Primer Inggeris adalah Sir Alex Ferguson, (Fergie) manajer-pelatih The Red Devils (Setan Merah) Manchester United.

Bak dewa, ia dipuja dan disanjung. Pemain bintang boleh datang pergi, namun yang tetap popular adalah Fergie. Karena semua pemain bintang yang bermarkas di Old Trafford awalnya adalah pemain yang tak begitu terkenal.

Sentuhan Fergie-lah yang membuat mereka menjadi bintang.

Jika penulis Skotlandia, Sir Arthur Conan Doyle, ‘melahirkan’ detektif masyhur Sherlock Holmes, maka pelatih tenar asal Skotlandia, Sir Alex Ferguson, ‘membidani dan mengasah’ deretan bintang-bintang tersohor dunia di panggung Teater Impian seperti, Eric Cantona, Ryan Giggs, David Beckam, Ruud van Nistelrooy, Peter Schmeichel, Cristiano Ronaldo, dan lain-lain.

Selama hampir 27 tahun bersama-sama dengan pasukan Setan Merah, Fergie membawa klubnya meraih kemenangan demi kemenangan, walau kekalahan juga kerap menjadi bagian dari takdir mereka.

Manchester Merah adalah langganan juara Liga Primer Inggeris atau paling tidak bertengger di posisi dua klasemen.

Sehingga bertahun-tahun lamanya, MU tidak sulit untuk berada di zona Liga Champions Eropa.

Empat kali Fergie membawa Setan Merah ke final Liga Champions Eropa dengan hasil dua kali juara (1999, 2008) dan dua kali peringkat dua (2009, 2011).

Fergie kemudian secara mengejutkan mengumumkan pengunduran dirinya.

Sir Alex Ferguson
Sir Alex Ferguson (gettyimages.ie)
Halaman
1234
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved