Pilkada 2020 di Sulsel

Mulai Petakan Daerah Rawan Pilkada 2020 di Sulsel, Bawaslu Minta Kepala Desa Netral

Syaifuk menambahkan semua tahapan akan menjadi fokus pengawasan Bawaslu agar dapat dijamin dan dipastikan berjalan sesuatu aturan dan mekanisme yang d

Mulai Petakan Daerah Rawan Pilkada 2020 di Sulsel, Bawaslu Minta Kepala Desa Netral
abdul azis/tribun-timur.com
Komisioner Bawaslu Sulsel, Syaiful Jihad 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan mulai petakan daerah rawan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Sulsel.

Pemetaan titik rawan itu serentak diumumkan se Indonesia.

"Sementara masih dianalisis data yang disampaikan ke Bawaslu RI. Mudah-mudahan di Februari ini akan dilaunching," kata Kordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga (Hubal) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulsel, Syaiful Jihad

Syaifuk menambahkan semua tahapan akan menjadi fokus pengawasan Bawaslu agar dapat dijamin dan dipastikan berjalan sesuatu aturan dan mekanisme yang diatur dalam UU No. 10/2016.

"Penyelenggara teknis (KPU dan jajarannya) melaksanakan tugasnya dengan baik, berintegritas dan profesional. Oleh karena itu, rekrutmen penyelenggara adhoc pun menjadi tugas Bawaslu," ujarnya.

Disamping mengawasi semua proses tahapan pelaksanaan dan pelaksanaannya, Bawaslu juga kata dia mengawasi hal-hal yang sifatnya non-tahapan karena dilanggar-- merusak nilai-nilai demokrasi, kualitas Pemikukada.

Syaiful Jihad saat memaparkan materinya di hadapan peserta sosialisasi pengawasan partisipatif di Sidrap.
Syaiful Jihad saat memaparkan materinya di hadapan peserta sosialisasi pengawasan partisipatif di Sidrap. (amiruddin)

Seperti persoalan netralitas. Bawaslu meminta agar Aparatur Sipil Negara (ASN) TNI/Polri, Birokrasi, Kepala Desa dan yang lainya ditekankan bersikap netral selama tahapan Pilkada berlangsung.

Bawaslu juga bakal mengawasi persoalan Politik Uang, pemanfaatan fasilitas negara, dan hal-hal lain yang tidak terikat pada tahapan tertentu. (*)

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)

Penulis: Hasan Basri
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved