Pemkab Luwu Bakal Terima Bantuan Bibit Tanaman dari Kementan

Sekretaris Dinas Pertanian Luwu, Albaruddin Andi Picunang mengatakan, kepastian bantuan yang akan mereka terima disampaikan

Pemkab Luwu Bakal Terima Bantuan Bibit Tanaman dari Kementan
chalik/tribunlutra.com
Sekretaris Dinas Pertanian Luwu, Albaruddin Andi Picunang. 

TRIBUNLUWU.COM, BELOPA - Dinas Pertanian Kabupaten Luwu tengah bersiap menyambut dan menerima sejumlah bantuan pemerintah pusat.

Salah satunya dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Pemkab Luwu dibawah kepemimpinan Basmin Mattayang dalam waktu dekat bakal menerima bantuan bibit manggis, durian, bawang merah, dan sejumlah tanaman hortikultura.

Sekretaris Dinas Pertanian Luwu, Albaruddin Andi Picunang mengatakan, kepastian bantuan yang akan mereka terima disampaikan dalam rapat sinkronisasi pelaksanaan program peningkatan produksi dan nilai tambah hortikultura tahun 2020.

Rapat sinkronisasi yang digelar oleh Direktorat Jenderal Hortikultura Kementan berlangsung di The Margo Hotel, Depok, Jawa Barat, baru-baru ini.

Menurutnya rapat sinkronisasi tersebut terfokus pada target yang telah ditetapkan oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Yaitu peningkatan ekspor hortikultura sebagai salah satu komoditas andalan pertanian Indonesia.

Apalagi produksi sayur dan buah tropis Indonesia dinilai memiliki keunggulan tersendiri.

"Sebagaimana arahan Menteri Pertanian, Bapak Syahrul Yasin Limpo bahwa ini menjadi ruang gerak kita untuk melakukan upaya ekspor. Apalagi menurut beliau, banyak sayur dan buah yang dibutuhkan dunia saat ini. Salah satu diantaranya adalah buah Manggis," ujar Albaruddin, Jumat (31/1/2020).

Melalui skema kerjasama, antara Dinas Pertanian dan sejumlah elemen, bibit bantuan nantinya akan disebar ke berbagai wilayah.

Albaruddin menambahkan, rapat itu juga bertujuan untuk membangun konsep dan mapping yang tepat.

Itu dalam mensukseskan Gerakan Dorong Produksi, Daya Saing dan Ramah Lingkungan (Gedor) Hortikultura.

"Intinya kita siap sukseskan program Gedor Hortikultura yang berfokus pada upaya peningkatan mutu dan produktivitas," katanya.

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved