Warga Parepare Digigit Buaya

VIDEO: Begini Kata BKSDA Wilayah II Terkait Buaya di Sungai Karajae Parepare

Beberapa hari yang lalu, buaya tersebut sempat menggigit salah satu warga Parepare, La Gimpe (64) yang sedang menjala ikan di Sungai Karajae.

TRIBUN-PAREPARE.COM, PAREPARE - Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah II Kota Parepare, akan segera melakukan penanganan terhadap buaya yang ada di Sungai Karajae.

Beberapa hari yang lalu, buaya tersebut sempat menggigit salah satu warga Parepare, La Gimpe (64) yang sedang menjala ikan di Sungai Karajae.

Dampak dari peristiwa tersebut, La Gimpe mengalami luka gigitan buaya di betis bagian kanannya.

Kini La Gimpe sementara menjalani proses pemulihan di RSUD Andi Makkasau Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Terkait hal tersebut, Kepala Seksi Konservasi BKSDA Wilayah II, Benny Daly mengatakan bahwa pihaknya bersama tim, akan melakukan pencegahan awal, berupa pemasangan papan waspada di titik buaya sering tampak.

"Kalau pun nanti ada warga yang berhasil menangkapnya. Kami akan lakukan evakuasi ke habitatnya yang lebih aman," ujarnya saat ditemui TribunParepare.com, Jumat (24/1/2020) siang.

"Selain itu kami juga akan terus melakukan peninjauan di titik rawan munculnya buaya tersebut, itupun kita harus belerja sama dengan warga setempat" ucapnya

Ia juga mengimbau kepada warga untuk tidak melakukan eksekusi atau upaya kekerasan terhadap satwa liar tersebut.

"Ini murni konflik satwa liar. Buaya itu satwa yang dilindungi undang-undang. Jadi kami imbau jangan lakukan eksekusi," imbaunya.

Pihaknya juga meminta kerja sama dan dukungan pemerintah setempat untuk berkoordinasi menjaga keamanan masyarakat dan melindungi satwa liar tersebut.

Halaman
12
Penulis: Darullah
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved