Lembah Cinta Soppeng

Nikmati Rindangnya Pinus dan Kutipan Ala 'Bucin' di Lembah Cinta Soppeng

Berada di ketinggian kurang lebih 750 mdpl, di kawasan hutan desa yang ditumbuhi pinus. Hutan yang kini menjadi destinasi wisata itu diinisiasi oleh p

Nikmati Rindangnya Pinus dan Kutipan Ala 'Bucin' di Lembah Cinta Soppeng
hardiansyah/tribunwajo.com
Kawasan wisata Lembah Cinta di Desa Mattabulu, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng. 

TRIBUNSOPPENG.COM, LALABATA - LIBURAN itu ke hutan, bukan ke kota. Begitulah tagline yang diusung pengelola Lembah Cinta, kawasan wisata alam di Desa Mattabulu, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng.

Berada di ketinggian kurang lebih 750 mdpl, di kawasan hutan desa yang ditumbuhi pinus. Hutan yang kini menjadi destinasi wisata itu diinisiasi oleh petani getah pinus sejak 2018 lalu.

Namun, kawasan Lembah Cinta baru dikomersilkan di awal 2019 lalu, pengelolaannya pun kini diserahkan kepada Badan usaha Milik Desa (BUMDes) Pada Ati Mattabulu.

Di Lembah Cinta, terdapat banyak spot foto yang menarik. Sasaran empuk bagi para 'bucin' (budak cinta) untuk mengabadikan gambat diri berlatar kutipan-kutipan cinta yang klise.

Tulisan seperti "Jl Sama Aku Kawin Sama Temanku", "Wanted Jodohku Belum Ketemu", "Jomblo 70%".

"Jomblo Hebat Semangatnya Tak Terbatas" dan masih banyak lagi seolah mewakili untuk mengekspresikan diri yang tak bisa berucap apapun di dalam sebuah potret.

Mulanya, Lembah Cinta digagas dari aktivitas para petani getah pinus yang membuat tempat peristirahatan. Lalu, masyarakat yang melintas banyak yang tertarik dan singgah untuk sekadar foto.

"Idenya dari masyarakat kelompok tani hutan getah pinus, untuk tempat istirahat. Dilihat perkembangannya, ternyata banyak yang singgah untuk foto, maka dikembangkanlah," kata Direktur BUMDes Pada Ati Mattabulu, Aride (47).

Selain itu, pengelolaan Lembah Cinta banyak memanfaatkan kekayaan alam Mattabulu. Kopi dan madu misalnya. Ada juga gula aren.

Kopi Mattabulu yang khas juga bisa dinikmati di bawah rindangnya pohon pinus.

Kawasan wisata Lembah Cinta di Desa Mattabulu, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng.
Kawasan wisata Lembah Cinta di Desa Mattabulu, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng. (hardiansyah/tribunwajo.com)
Halaman
123
Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved