Aparat Desa Mamasa

Kades Baru di Mamasa Diminta Patuhi Aturan Pengangkatan Aparat Desa

"Kalau masih ada yang tidak sesuai persyaratan, itu sama halnya melanggar aturan," ungkap Demmattayan, Rabu (22/1/2020) siang.

Kades Baru di Mamasa Diminta Patuhi Aturan Pengangkatan Aparat Desa
Semuel Mesakaraeng/Tribun Mamasa
Kassubag Pemerintahan Desa, Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah, Demmattayan

TRIBUNMAMASA.COM, MAMASA - Di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, masih terdapat sejumlah aparat di beberapa desa dengan latar belakang pendidikan SMP dan sederajat.

Kepala Sub Bagian Bina Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Sekretariat Daerah Mamasa, Demmatayan mengatakan, jika masih terdapat aparat desa yang berpendidikan tidak sesuai persyaratan, maka dianggap melanggar aturan.

Dengan demikian, ia menegaskan agar setiap kepala desa yang baru saja dilantik beberapa bulan lalu, sekiranya menetapkan aparat desa sesuai persyaratan.

"Kalau masih ada yang tidak sesuai persyaratan, itu sama halnya melanggar aturan," ungkap Demmattayan, Rabu (22/1/2020) siang.

Demmattayan lanjut menjelaskan, meski telah dikeluarkan aturan terkait persyaratan pengangkatan aparatur desa, namun masih ada sejumlah desa yang aparatnya tamatan SMP atau sederajat.

Demmattayan mengakui, hingga saat ini masih ada saja aparat desa yang tidak memenuhi syarat, sebelum aturan diterbitkan.

Namun mekanismenya lanjut dia, aparat desa yang terlanjur ada sebelum aturan terbit, tidak dapat diganti sebelum berumur 60 tahun.

Ia berharap agar kepala desa yang telah dilantik beberapa waktu lalu, untuk berpedoman pada peraturan yangg ada.

"Supaya kepala desa tidak memberikan SK bagi aparat yang tidak berpendidikan minimal tamatan SMA," pungkasnya.

Sekadar diketahui, dalam Pasal 50 ayat (1) Undang - undang Repulik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa menyebutkan, perangkat desa harus berpendidikan paling rendah tamatan sekolah menengah umum atau sederajat.

Laporan wartawan @sammy_rexta

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp

Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)

 
Penulis: Semuel Mesakaraeng
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved