Tribun Luwu Timur

Disdukcapil Luwu Timur Terus Genjot Program 'Balada Capil' di RS dan Puskesmas

Disdukcapil Luwu Timur terus menggenjot program Bayi Lahir Langsung Dapat Akta Kelahiran, KIA, dan KK dari Capil atau Balada Capil.

Disdukcapil Luwu Timur Terus Genjot Program 'Balada Capil' di RS dan Puskesmas
TRIBUN TIMUR/IVAN ISMAR
Kepala Disdukcapil Luwu Timur, Oksen Bija 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Luwu Timur terus menggenjot program Bayi Lahir Langsung Dapat Akta Kelahiran, KIA, dan KK dari Capil atau Balada Capil.

Program ini adalah inovasi dari Disdukcapil untuk mewujudkan Luwu Timur tertib administrasi kependudukan tahun 2021.

Balada Capil bertujuan memudahkan pelayanan masyarakat dengan cara mendatanginya langsung. Masyarakat hanya perlu menyiapkan berkas-berkas persyaratan yang diperlukan.

Sejak diluncurkan pada 18 September 2019, sudah ada 200 bayi baru lahir memiliki Akta Kelahiran, KIA dan KK. Tahun 2020, Disdukcapil sudah menerbitkan 58 KIA dari 1.200 target.

Kepala Disdukcapil Luwu Timur, Oksen Bija mengatakan setiap bayi yang baru lahir akan difasilitas pelayanan maksimal dalam pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA).

Kartu Keluarga (KK), dan Akta Kelahiran baik di rumah sakit maupun Puskesmas melalui petugas yang ditunjuk secara khusus.

"Makanya, lewat program Balada Capil ini, orang tua bayi tidak akan kesusahan lagi mendapatkan Akta Kelahiran anaknya," kata Oksen kepada TribunLutim.com, Selasa (21/1/2020).

Lewat Balada Capil, orang tua bayi tidak perlu lagi ke Kantor Disdukcapil untuk mengurusnya akte, cukup melapor ke petugas kesehatan tempat si ibu bayi melahirkan.

"Jika berkas telah lengkap, tim Balada Capil kami langsung membuatkannya dan mengantarkannya langsung ke rumah sakit atau Puskesmas tempat dimana si bayi dirawat," tutur Oksen.

Sebagai informasi, per 2 Januari 2020, semua dokumen kependudukan yang terbit sudah menggunakan Tanda Tangan Elektronik (TTE).

Halaman
12
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved