Pilwali Makassar 2020

Pendaftaran PPK Pilwali Makassar Mulai 18 Januari, Syaratnya Melek IT

Selain KPU Makassar, KPU di sebelas kabupaten di Sulsel yang menggelar pilkada serentak juga mencari penyelenggara adhoc.

Pendaftaran PPK Pilwali Makassar Mulai 18 Januari, Syaratnya Melek IT
hasan/tribun-timur.com
Komisioner KPU Kota Makassar Endang Sari 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Anda berminat menjadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Makassar 2020?

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar membuka pendaftaran calon anggota PPK mulai 18 Januari ini.

Selain KPU Makassar, KPU di sebelas kabupaten di Sulsel yang menggelar pilkada serentak juga mencari penyelenggara adhoc.

Khusus Pilwali Makassar, KPU menginginkan PPK melek Informasi dan Teknologi (IT) karena kemungkinan besar menggunakan rekapitulasi elektronik.

Komisioner KPU Makassar, Endang Sari mengatakan, untuk mendukung rekapitulasi secara elektronik di pilwali 2020, maka rekrutmen dilakukan secara online.

“Pendaftaran dibuka mulai 18 sampai 24 Januari,” katanya di Kantor KPU Makassar, Rabu (15/1/2020).

Endang mengatakan, rekrutmen dilakukan karena tahapan pilwali sudah bergulir. Proses perekrutan ini serentak dilaksanakan di semua daerah yang gelar pilkada.

“Kenapa berbasis online? Karena hasil evaluasi pemilu kemarin. Dari catatan kami, rekap paling lambat se-Sulsel adalah Makassar. Setelah ditelusuri, persoalanya banyak yang tidak menguasai IT,” tegasnya.

Ia menjelaskan ada tiga katergori yang dibutuhkan dalam pembentukan panitia adhoc. Panitia adhoc harus memiliki sikap profesional, berintegritas, dan independen.

“Tiga kategori jadi syarat karena PPK adalah ujung tombak,” ujarnya.

Mereka, katanya bersentuhan langsung dengan masyarakat. Menurutnya, suksesnya Pilwali Makassar ditentukan oleh panitia adhoc, yakni PPK, PPS, dan KPPS sebagai penyelenggara terdepan.

“Kami tegaskan bahwa KPU tidak main-main merekrut panitia ad hoc,” ujarnya.

Penulis: Abdul Azis
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved