Sulbar Akan Usulkan DBH Sawit ke Presiden

Melalui pertemuan yang dilakukan di Provinsi Riau setidaknya melahirkan tujuh poin rekomendasi keputusan bersama gubernur

Sulbar Akan Usulkan DBH Sawit ke Presiden
Nurhadi
Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Provinsi Sulawesi Barat bersama pemerintah provinsi penghasil sawit lainnya di Indonesia, melahirkan rekomendasi keputusan bersama Gubernur untuk Dana Bagi Hasil (DBH) sawit.

Melalui pertemuan yang dilakukan di Provinsi Riau setidaknya melahirkan tujuh poin rekomendasi keputusan bersama gubernur untuk DBH sawit.

Pertama, mengusulkan revisi UU 33 Tahun 2004 Tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat Dan Pemerintahan Daerah, dengan memasukkan DBH pungutan Ekspor dan Bea Keluar dari hasil perkebunan serta peningkatan bagi hasil dari Pph Orang Pribadi yang dilakukan secara terbatas melalui peningkatan Rasio Bagi Hasil Pph Khusus dari perkebunan Kelapa Sawit kepada Daerah.

Kedua, Mengusulkan revisi UU 17/2006 tentang Kepabeaan Cukai Tembakau, itu untuk memberlakukan Kepabeaan Cukai tembakai terhadap Kelapa Sawit.

Tiga, revisi Perpres 61/2018 tentnag Penghimpunan dan Penggunaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit beserta Perubahan-Perubahannya dan Turunannya, agar Penghimpunan dana Kelapa Sawit dapat dibagi hasilkan kepada daerah penghasil.

Lima, Revisi UU 28 /2009 tentnag Pajak Daerah dan Retribusi. Itu terkait pengalihan kewenangan PBB P3 dari pusat ke daerah dan terkait pengalihan beberapa kewenangan yang diatur dalam UU 24/2014.

Enam, Revisi aturan Kemendag terkait penurunan atau penghilangan batas Threshold terkait pengenaan tarif pungutan ekspor dan bea keluar CPO. Tujuh, Menertibkan perizinan usaha perkebunan untuk optimalisasi penerimaan PBB P3.

Puluhan tahun Sulbar memang telah ditopang sektor perkebunan Tandang Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit. Hanya saja tak ada Dana Bagi Hasil (DBH) dari komoditas tersebut.

Karenanya, Pemprov Sulbar bersama dengan Pemda lainnya se di Indonesia membahas bagaimana agar hasil kekayaan alam, termasuk sawit dan lainnya, dirasakan manfaatnya oleh daerah penghasil dalam bentuk DBH.

Asisten II Pemprov Sulbar Hamzah mengatakan, memang potensi DBH dari sawit sangat besar. Sulbar memiliki areal perkebunan sawit 218 ribu hektar, merupakan terluas di Sulawesi.

Halaman
12
Penulis: Nurhadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved