Pilkada Serentak 2020

Golkar dan Nasdem di Sulsel Petakan Kekuatan di Pilkada Serentak 2020, Tetap Mua Koalisi

Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 di Sulsel, partai politik (parpol) mulai memetakan kekuatan masing-masing.

Golkar dan Nasdem di Sulsel Petakan Kekuatan di Pilkada Serentak 2020, Tetap Mua Koalisi
TRIBUN TIMUR/ABDUL AZIS
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar Sulsel, Kadir Halid 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 di Sulsel, partai politik (parpol) mulai memetakan kekuatan masing-masing.

Beberapa parpol yang sebenarnya bisa mengusung pasangan calon kepala daerah (cakada) sendiri tetap menjajaki peluang menarik parpol lain untuk berkoalisi.

Jika tidak dibatasi, kondisi ini bisa memunculkan calon tunggal.

Dari 12 daerah yang menggelar Pilkada serentak di Sulsel, ada delapan daerah Partai Golkar bisa mengusung pasangan calon sendiri.

Delapan daerah itu Maros, Tana Toraja, Luwu Utara, Luwu Timur, Soppeng, Selayar, Pangkep, dan Barru.

Partai besutan Airlangga Hartarto tersebut juga keluar sebagai pemenang pada pemilihan legislatif (Pileg) 2019 di enam daerah yang berpilkada, disusul Partai Nasdem empat daerah, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di dua daerah.(lihat 12 pilkada serentak di sulsel)

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Sulsel Kadir Halid menegaskan partainya tetap membuka ruang koalisi di pilkada serentak 2020.

“Tentu Golkar buka ruang koalisi sambil menunggu survei menang tanpa koalisi dari lapangan,” katanya, Selasa (14/1/2020) kemarin.

Hal senada dikatakan anggota Tim Sembilan Penjaringan Cakada Golkar Sulsel Irwan Muin. Ia menyatakan partainya tetap membuka ruang koalisi kepada partai peserta pilkada serentak.

“Jadi meski sudah cukup mengusung calon sendiri, kita tetap membuka peluang koalisi,” ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Abdul Azis
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved