Tribun Toraja Utara

Ini Pesan KNPI Toraja Utara untuk Warga yang Tinggal di Bantaran Sungai

KNPI Toraja Utara meminta dukungan kepada masyarakat Toraja Utara yang tinggal di bantaran sungai.

Ini Pesan KNPI Toraja Utara untuk Warga yang Tinggal di Bantaran Sungai
TRIBUN TIMUR/RISNAWATI M
Bangunan liar di depan Hotel Misiliana yang dibongkar sendiri warga sebelum dilakukan eksekusi bangunan liar bantaran sungai di jalan poros Rantepao-Makale, Kecamatan Kesu, Toraja Utara, Sulsel. / foto Risnawati Tribun Timur 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - DPD II Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Toraja Utara meminta dukungan kepada masyarakat Toraja Utara yang tinggal di bantaran sungai.

Hal itu disampaikan dan diwakili langsung Ketua KNPI Toraja Utara, Belo Tarran dengan tujuan upaya mendukung pemerintah daerah terkait pembersihan bangunan liar di bantaran sungai.

"KNPI Toraja Utara meminta masyarakat, khususnya yang berada atau tinggal di sekitar bantaran sungai agar mendukung program pemerintah daerah," ucap Belo, Senin (13/01/2020) siang.

Dukungan tersebut yaitu dalam bentuk melakukan penertiban bangunan rumah maupun kios di bantaran sungai.

"Ini adalah masa depan Toraja Utara dan anak cucu kita kelak," ungkapnya.

Belo Tarran beranggapan program penertiban bangunan liar perlu didukung, mengingat aliran sungai Sa'dan merupakan penyangga air dan penopang perekonomian kawasan Indonesia Timur.

Kata Belo, jangan sampai aliran sungai Sa'dan nanti bernasib sama dengan sungai citarum yang berada di Provinsi Jawa Barat.

"Sungai citarum pernah dinobatkan sebagai sungai terkotor di dunia, jangan sampai daerah kita sama seperti itu," kata Belo.

Menurutnya, langkah Bupati Toraja Utara dalam melakukan penertiban di bantaran sungai baginya sudah sangat tepat dan perlu didukung bersama.

Diketahui, di sisa masa jabatannya Bupati Kalatiku Paembonan telah melakukan pembongkaran bangunan liar bantaran sungai di Lembah Keramat dan Tagari hingga sepanjang jalan menuju Makale.

Halaman
12
Penulis: Risnawati M
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved