Breaking News:

Umrah Awal Tahun 2020

CITIZEN REPORTER: Muslim Indonesia dan Tengah Tampang Arab

Rupanya saya gampang dikenali jamaah di tengah jamaah bertampang Arab karenb

dok.tribun
Jamah umrah bareng Nahda dan ribuan orang lainnya keluar dari Masjidil Haram usai Salat Subuh, Minggu (12/1/2020). 
Muslim B Putra (kiri)
Muslim B Putra (kiri) (dok.tribun)

Muslimin B Putra
Jamaah Umrah Bareng Nahda
Melaporkan dari Mekah

TRIBUN-TIMUR.COM, MEKAH -Saat hendak melaksanakan thawaf sunnah bersama istri sebelum dhuhur, ketemu seorang perempuan muda di Pintu King Abdul Aziz.

Dia tertinggal dari rombongannya dan meminta bantuan menghubungi salah seorang anggota rombongannya dari Bandung.

Maka dipinjamkan ponsel istri untuk menghubungi temannya. Dia pun mengucapkan terima kasih atas bantuan kami.

Setelah shalat dhuhur di dekat Bukit Safa, seorang lelaki yang sudah sepuh menghampiri saya, katanya hendak keluar Masjidil Haram menuju hotel tetapi tidak tahu jalan keluar.

Maka saya anjurkan ikut dengan saya, setelah saya jemput istri. Setelah saya baca ID cardnya berasal dari Riau, dan nginap di Hotel Azka Al Safah Mekah juga, maka saya minta ikut di belakang saya. Dia pun mengucapkan terima kasih sambil melangkah ke lantai 12.

Ketika hendak shalat Ashar, di dekat King Abdul Aziz Gate, saya ketemu pak haji rombongan Umrah bersama Nahda. Katanya dia hendak pulang ke hotel tapi tidak tahu jalan pulang ke Hotel Azka Al Safa Mekah.

Maka saya ajak ikut pulang ke hotel setelah shalat ashar. Istri saya menyodorkan sebiji buah apel untuk menahan lapar tapi ditolaknya. Katanya nanti juga akan makan malam.

Maka kami beriringan bertiga kembali ke hotel melewati burung merpati yang beterbangan. Dia pun mengucapkan terima kasih dengan mengangkat tangannya di depan Hotel Azka Al Safa Mekah.

Rupanya saya gampang dikenali jamaah di tengah jamaah bertampang Arab karena mengenakan sarung dan kopiah, ciri muslim Indonesia.

Di tengah jutaan orang di Masjidil Haram, hanya segelintir yang pakai sarung. Orang Indonesia juga sepertinya lebih senang memakai baju Arab saat berada di Tanah Suci.(*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: AS Kambie
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved