Pertamina

Pertamina dan Petani Dusun Cindako Maros Tanam 22 Ribu Bibit Kopi

Pertamina memberikan bantuan bibit kopi ke petani di Dusun Cindakko, Desa Bontosomba, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros

Pertamina dan Petani Dusun Cindako Maros Tanam 22 Ribu Bibit Kopi
Dok Pertamina
Penanaman kopi oleh Pertamina bersama petani di Dusun Cindakko, Desa Bontosomba, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (8/1/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VII melalui program Corporate Social Responsibility (CSR)  memberikan bantuan bibit kopi ke petani.

Yakni di Dusun Cindakko, Desa Bontosomba, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (8/1/2020).

Program bertemakan Gerakan Penanaman 22.000 Pohon Kopi Cindakko ini merupakan hasil kerjasama antara Pertamina MOR VII dengan Yayasan Wanua Panrita.

Yayasan ini merupakan lembaga non-profit yang berdiri sejak tahun 2018 dan fokus pada bidang pendidikan, sosial dan ekonomi.

Kegiatan ini melibatkan 60 orang petani kopi dari Dusun Cindakko dengan menanam 22 ribu pohon kopi di hampir 55 hektar lahan tanam.

Jenis pohon kopi yang ditanam pada kegiatan kali ini merupakan kopi khas Dusun Cindakko.

Kopi Cindakko sendiri pernah diikutkan dalam festival International Coffee Day, diselenggarakan di Kota Makassar pada 1 Oktober 2019 lalu.

Hal ini disampaikan Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VII, Hatim Ilwan melalui rilisnya, Kamis (9/1/2020).

Ia mengatakan, program ini bertujuan memberikan keterampilan bagi masyarakat Dusun Cindakko dalam membudidayakan kopi sehingga membuka alternatif penghasilan lain.

“Selain memberdayakan masyarakat secara ekonomi, tujuan program ini adalah untuk mengenalkan Kopi Cindakko ke masyarakat luas,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved