Tribun Sulsel

Pemprov Sulsel Wacanakan Hibahkan 50 Hektar Lahan Bangun Lapas di Maros

Pemprov Sulsel mewacanakan memberikan lahan hibah ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Sulsel

Pemprov Sulsel Wacanakan Hibahkan 50 Hektar Lahan Bangun Lapas di Maros
TRIBUN TIMUR/DARUL AMRI
Pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah bersih melayani di Four Points by Sheraton Makassar, Jl Andi Djemma Kamis (9/1/2020) pagi.. (darul amriak//tribun timur) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) mewacanakan memberikan lahan hibah ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Sulsel.

Hal tersebut terungkap saat Pencanangan Pembangunan Zona Integrasi Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Bersih Melayani di Four Points Hotel Makassar, Kamis (9/1/2019).

Sekertaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham RI, Bambang Rantam Sariwanto mengapresiasi langkah Pemprov Sulsel yang menyatakan dukungannya kepada jajaran Kemenkumham di Sulawesi Selatan.

Menurutnya, lahan hibah seluas 50 hektare ini rencananya akan diperuntukkan untuk pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Modern.

Adapun lahan Pemprov yang akan diihabahkan ke Kemenkumham itu berada dikawasan Wisata Puca', Kabupaten Maros.

"Terima kasih kepada gubernur. Ini model kerjasama yang bisa dijadikan contoh. Kerjasama antar lembaga yang kuat dan ini baru terjadi di Sulsel," ujar Bambang.

Ia menyebutkan, lahan yang diberikan oleh Pemprov akan ia manfaatkan dengan membangun Lapas Modern.

Lapas modern ini kata dia, adalah Lapas yang para narapidana-nya akan hidup mandiri.

Menurutnya, perlakuan di Lapas mandiri ini tidak sekedar pembinaan kepada para narapidana saja, tapi mereka juga akan dituntut untuk menghasilkan sebuah karya (produktivitas).

Seperti halnya kata dia, kegiatan bercocok tanam (pertanian dan perkebunan), hingga kerajinan tangan yang bernilai ekonomis.

Halaman
12
Penulis: Saldy Irawan
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved