Jurusan Fisika UIN Alauddin Lahirkan Calon Peneliti Melalui Lomba Karya Ilmiah

Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 23 Desember 2019 – 6 Januari 2020 akhirnya telah menemukan sang jawara LKTI.

Jurusan Fisika UIN Alauddin Lahirkan Calon Peneliti Melalui Lomba Karya Ilmiah
handover Andi Syamrizal
Jurusan Fisika UIN Alauddin mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) 

Laporan Andi Syamrizal MSi, Dosen Fisika UIN Alauddin dari Makassar

TRIBUN-TIMUR.COM - Jurusan Fisika UIN Alauddin mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat mahasiswa yang bertemakan “Membangun Visi Jurusan Fisika FST UIN Alauddin Makassar melalui Karya Inovasi Calon Peneliti Muda yang Berakhlakul Karimah”.

Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 23 Desember 2019 – 6 Januari 2020 akhirnya telah menemukan sang jawara LKTI.

Kegiatan ini dimulai dari babak penyisihan yang diikuti oleh 17 karya ilmiah mahasiswa baik individu maupun kelompok hingga akhirnya diseleksi menjadi 12 karya terbaik sebagai finalis untuk diundang mempresentasikan karyanya dihadapan juri.

Setelah tahap presentasi maka ditentukanlah 6 karya terbaik untuk diberikan hadiah berupa piala, uang pembinaan, serta sertifikat.

Adapun 6 judul karya ilmiah terbaik meliputi Pembuatan dan Karakterisasi Membran Nanofiber Cangkang Telur dengan Teknik Electrospinning sebagai Filter Air, Pemanfaatan Rice Husk Ash (RHA) dan Pasir Putih Bulukumba dengan Aktivator Natrium Silikat dalam Pembuatan Beton Geopolimer sebagai Upaya Pembangunan Berkelanjutan, Pemanfaatan Tanaman Eceng Gondok sebagai Bahan Biogas (Solusi Energi Alternatif bagi Masyarakat), Potensi Terjadinya Likuifaksi menggunakan Metode Resistivitas pada Pemukiman di Sekitar Pantai Kota Makassar, Piezoelectric Hold Electric  System : Alat Penghasil Listrik Inovatif dengan Memanfaatkan Material Piezoelectrik sebagai Sumber Energi Listrik dalam Aplikasi Charging Baterai, Identifikasi Zona Prospek Mineral dengan Metode Resistivitas (Tahanan Jenis) di Desa Timbuseng, Kec. Pattallassang, Kab. Gowa.

Dari ke 6 karya tersebut maka keluarlah judul Pembuatan dan Karakterisasi Membran Nanofiber Cangkang Telur dengan Teknik Electrospinning sebagai Filter Air sebagai Pemenang LKTI yang ditulis oleh Fajriani, mahasiswa semester 5 yang dibimbing oleh Jasdar Agus, S.Si., M.Sc., salah satu Dosen Fisika UIN Alauddin peminatan bidang Fisika Material.

Menurut Fajriani, peserta juara 1 LKTI, kegiatan ini telah sesuai dengan tema yang disusun serta berjalan sesuai apa yang diinginkan.

Terbukti dari karya-karya yang telah dihasilkan oleh para mahasiswa sangat inovatif, kreatif dan memiliki keunggulannya masing-masing, meskipun dengan waktu penyusunan yang sangat singkat.

“Saya berharap melalui kegiatan LKTI ini, bibit-bibit calon peneliti muda akan banyak bermunculan. Dan dari kegiatan seperti ini pemanfaatan sumber daya alam utamanya limbah akan lebih optimal ke depannya”, tambahnya.

Halaman
12
Penulis: CitizenReporter
Editor: Ilham Arsyam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved