Tribun Sulbar

Pilkada 2020, Koord JPPR Sulbar Sebut Politik Uang dan Hoax Masih Jadi Ancaman

Money politik dan penyebaran hoax dua isu yang dianggap masih akan mewarnai pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020.

Pilkada 2020, Koord JPPR Sulbar Sebut Politik Uang dan Hoax Masih Jadi Ancaman
TRIBUN TIMUR/NURHADI
Koordinator JPPR Sulbar Firdaus Abdullah 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Money politik atau politik uang dan penyebaran hoax dua isu yang dianggap masih akan mewarnai pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020.

Persoalan ini dinilai akan terus mencuat, apalagi isu tersebut digerakkan oleh kekuatan politik tertentu untuk memobilisasi masyarakat agar memilih calon kepala daerah.

Koordinator Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR) Sulawesi Barat, Firdaus Abdullah, menilai ini perlu jadi perhatian serius bagi para pemangku kepentingan.

"Ini akan semakin massif di Pilkada 2020. Jika tidak diantisipasi dari sekarang,"kata Firdaus kepada Tribun-Timur.com, Rabu (8/1/2020).

Firdaus mengungkapkan, hasil pantauan selama pelaksanaan pemilu 2019 yang lalu, praktik politik uang dan penyebaran hoax cukup besar.

Menurutnya ini menjadi menjadi ancaman bagi Pilkada 2020 yang akan digelar serentak September mendatang.

"Money politik dan penyebaran hoax menjadi musuh terbesar dalam demokrasi. Moment suksesi pemilihan kepala daerah harus ada gerakan massif untuk membendung itu. Tentu keterlibatan semua pihak dibutuhkan,"kata dia.

Ia berharap, kelompok elit atau kelompok politik agar tidak mengabaikan etika berpolitik, meminta penyelenggara pemilu untuk bekerja profesional.

"Rendahnya sanksi yang diberikan kepada pelaku money politik dan penyebaran hoax ini juga menjadi celah bagi para pelaku,"pungkasnya.(tribun-timur.com).

Laporan Wartawan Tribun-Timur.com, @nurhadi5420

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Subscribe akun Youtube Tribun Timur

(*)

 

Penulis: Nurhadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved