Mentan Syahrul Tinjau Lahan Pertanian Rusak Akibat Banjir di Lebak

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meninjau lokasi banjir dan longsor terparah di Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (7/1). Di sana, Syahrul

Mentan Syahrul Tinjau Lahan Pertanian Rusak Akibat Banjir di Lebak
Humas Kementan
Mentan Syahrul Tinjau Lahan Pertanian Rusak Akibat Banjir di Lebak 

TRIBUN-TIMUR.COM, Lebak - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meninjau lokasi banjir dan longsor terparah di Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (7/1). Di sana, Syahrul memantau deretan sawah yang terdampak banjir dan rumah warga yang hancur tersapu derasnya air bah kali Nunggul di Desa Sukasari, Kecamatan Cipanas.

"Saya ingin lokasi ini diperbaiki dan kembali difungsikan sebagai lahan pertanian sebagai sumber kehidupan masyarakat sekitar," ujar Syahrul yang didampingi Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya serta jajaran perangkat desa dan para petani setempat, Selasa sore.

Syahrul mengatakan, Kabupaten Lebak merupakan salah satu wilayah penyangga pangan dan kawasan pertanian nasional yang harus dipulihkan dengan kekuatan gerakan kedaulatan pangan. Kabupaten Lebak adalah kabupaten subur yang berpotensi mendorong Indonesia menjadi lumbung pangan dunia.

"Karena itu pertanian adalah bagian dari gerakan yang harus kita bangun bersama. Sektor pertanian harus menjadi konsep pendidikan dan edukasi yang baik untuk menghidupkan perekonomian masyarakat luas," katanya.

Dalam kesempatan ini, Syahrul berharap masyarakat Lebak agar tetap tabah dan mulai mengumpulkan energi untuk kembali pada kehidupan yang jauh lebih baik.

"Bencana adalah peringatan dari Tuhan agar kita terus memperbaiki diri. Tentu setiap saat ada hal hal yang harus kita tingkatkan, minimal menghadirkan rasa persaudaraan dan persatuan," katanya.

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan pemberian bantuan jajaran Kementerian Pertanian kepada warga terdampak banjir dan longsor di Kabupaten Lebak.

"Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah kita dikunjungi bapak Menteri. Kita harus bangkit dan kembali bertani untuk mendukung program Kementan dalam mencapai swasembada," tukasnya.

Editor: Rasni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved