Tribun Sulbar

Disdikbud Pemprov Sulbar Tarik Guru PNS dari Sekolah Swasta

Disdikbud Pemprov Sulbar tarik 72 guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang selama ini diperbantukan di sekolah swasta.

Disdikbud Pemprov Sulbar Tarik Guru PNS dari Sekolah Swasta
Disdikbud Sulbar
Surat Keputusan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar tentang penarikan guru PNS di sekolah swasta. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pemprov Sulbar tarik 72 guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang selama ini diperbantukan di sekolah swasta.

Kebijakan tersebut per tanggal 26 Desember ditantada tangani langsung Kepala Dinas H Arifuddin Toppo.

Kebijakan penarikan guru PNS di sekolah swasta untuk memenuhi kekurangan guru dan tenaga administrasi sekolah yang ada di beberapa SMK, SMA dan SLB negeri di Provinsi Sulawesi Barat. Terbanyak di Kabupaten Mamasa.

Kepala Bidang Pengembangan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Disdikbud Sulbar, Haludin, mengakui sekolah negeri kekurangan guru, akibat dulu adanya moratorium penerimaan guru.

"Artinya memang dari awal kita kekurangan guru, ditambah banyaknya yang pensiun tidak seimbang dengan kebutuhan kita,"kata Haludin, Rabu (8/1/2020).

Puluhan guru yang diperbantukan di sekolah swasta itu diharuskan bekerja di sekolah negeri SMA/sederajat di tempat yang ditunjuk oleh Disdikbud mulai 2 Januari lalu.

"Kita terpaksa mengambil kebijakan ini meski harus mengorbankan sekolah swasta. Silakan swasta mengupayakan sendiri dari yayasannya mendapatkan guru dari partisipasi masyarakat,"kata dia.

Selama ini kekurangan guru di Sulbar ditopang oleh honorer Guru Tidak Tetap yang jumlahnya mencapai 1.500 lebih. Namun, SK GTT itu sudah berakhir sejak Oktober 2019. Baru akan diperbarui tahun 2020. (tribun-timur.com).

Laporan Wartawan Tribun-Timur.com, @nurhadi5420

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Subscribe akun Youtube Tribun Timur

(*)

 

Penulis: Nurhadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved