Tribun Makassar

Gerbang Tani Sulsel Gelar Diskusi di Warkop, Bahas Masalah Pertanian

Acara diskusi dihadiri oleh para simpatisan PKB, tokoh pemuda yang memiliki kepedulian dan perhatian besar terhadap pertanian di Sulawesi Selatan.

Gerbang Tani Sulsel Gelar Diskusi di Warkop, Bahas Masalah Pertanian
Ismail
DPW Gerbang Tani Sulawesi Selatan menggelar diskusi bersama di Warkop Lantimojong , Senin (6/1/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - DPW Gerbang Tani Sulawesi Selatan menggelar diskusi bersama di Warkop Lantimojong , Senin (6/1/2020).

Acara diskusi dihadiri oleh para simpatisan PKB, tokoh pemuda yang memiliki kepedulian dan perhatian besar terhadap pertanian di Sulawesi Selatan.

Ketua Umum DKN PPPKI Usman Sadikin mengatakan, PKB harus menjembatangi gerakan-gerakan petani di Pulau Sulawesi, khususnya Sulawesi Selatan yang perlahan mulai terkonsolidasi. 

“Hal yang menjadi poin penting yang perlu dikawal adalah bagaimana peningkatan mutu hasil pertanian, pendampingan dan pengorganisasian, pemberdayaan hasil pertanian melalui home industry serta mengidentifikasi masalah pertanian yang muncul di masyarakat,” ujar Usman dalam rilisnya ke tribun-timur.

Saat ini, perlu dilakukan repositioning kembali bagaimana memposisikan petani sebagai subjek (Pelaku).

Sementara pemerintah sebagai fasilitator, dan Partai menjadi jembatang bagaimana melihat permasalahan pertanian khususnya distribusi bantuan pertanian yang harus tepat sasaran dan tepat guna.

Sekertaris LAKSPEKDAM NU Sulawesi Selatan Abdul Karim mengatakan, problem utama pertanian adalah persoalan kebijakan.

Kebijakan pemerintah yang lebih kepada pendekatan proyek yang menghasilkan kebijakan sektoral, yang tidak sesuai dengan kebutuhan petani.

Menurutnya, ke depan PKB perlu melakukan pengawalan serius terhadap petani secara strategis dan sosial, menanamkan kepada setiap jiwa bahwa bertani adalah bagian dari tradisi.

Sehingga krisis pertanian hari ini dengan turunya kualitas SDM Pertanian dapat didorong melalui peran pemuda, khususnya Gerbang Tani bagaimana pemuda mencintai pertanian.

Halaman
12
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved