Kemenag Gowa

Bupati Gowa Harap Kemenag Ikut Perkuat Kerukunan Umat

Menurutnya, Kemenag sebagai salah satu lembaga pemerintahan diharapkan ikut mewujudkan negara dan bangsa yang lebih maju.

Bupati Gowa Harap Kemenag Ikut Perkuat Kerukunan Umat
Humas Pemkab Gowa
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan berharap, Kementerian Agama terus menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antarumat beragama. 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA -- Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan berharap, Kementerian Agama terus menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama.

Menurutnya, Kemenag sebagai salah satu lembaga pemerintahan diharapkan ikut mewujudkan negara dan bangsa yang lebih maju.

"Kemenag hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama yang ada di Tanah Air ini," katanya, Jumat (3/1/2020).

Orang nomor satu Pemkab Gowa ini bertindak sebagai Inspektur Upacara Hari Bakti ke-74 Kementerian Agama di Aula Al Amanah, Kantor Kementrian Agama Kabupaten Gowa.

Menurutnya, harapan itu selaras dengan tema peringatan Hari Bakti Tahun ini yakni "Umat Rukun, Indonesia Maju".

"Untuk itu mereka harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kemenag secara kontekstual," katanya dalam sambutannya.

Tak hanya itu, Kemenag juga mengambil peran dalam membangun jiwa manusia sebagai landasan terbentuknya mental bernegara yang baik di luar dari upaya membangun infrastruktur fisik.

Hal penting lainnya yaitu Kemenag juga terlibat dalam mendorong penyelenggaraan dua fungsi strategis yaitu fungsi agama dan fungsi pendidikan.

"Kita juga dituntut untuk terus beradaptasi dengan tuntutan perubahan dan percepatan pelayanan publik yang mengedepankan prinsip efesien, transparansi dan akuntabilitas serta bebas dari tindakan KKN," terangnya.

Pada perayaan Hari Amal Bakti ini ada enam pokok pedoman yang harus diperhatikan.

Di antaranya pertama, pahami sejarah, regulasi, tugas dan fungsi Kemenag dalam konteks relasi agama dan negera.

Halaman
12
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved