Tribun Gowa

Posko Siaga Bencana Mulai Dioperasikan di Gowa Hari Ini

Awal tahun 2020, sejumlah wilayah Sulawesi Selatan langsung disambut musim hujan. Tak terkecuali Kabupaten Gowa.

Posko Siaga Bencana Mulai Dioperasikan di Gowa Hari Ini
TRIBUN TIMUR/ARI MARYADI
Posko Siaga Bencana di Kabupaten Gowa mulai dioperasikan menyambut musim hujan, Kamis (2/1/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA -- Awal tahun 2020, sejumlah wilayah Sulawesi Selatan langsung disambut musim hujan. Tak terkecuali Kabupaten Gowa.

Menanggapi hal itu, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan memberi instruksi pengoperasian Posko Siaga Bencana mulai hari ini, Kamis (2/1/2020).

Instruksi diberikan dalam rangka merespon cepat saat terjadi kondisi yang tidak diinginkan. Bencana banjir dan longsor pada awal 2019 itu dinilai tidak boleh terulang lagi.

Kepala Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa Iksan Parawangsa mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dengan rencana pembentukan posko siaga ini.

Apalagi pada Januari hingga Februari tahun ini telah memasuki puncak musim hujan, sehingga perlu adanya penguatan kesiap-siaagaan dalam mengantisipasi jika terjadi kondisi yang tidak diinginkan.

"Posko siaga ini memang akan kita buat untuk memberikan respon cepat saat terjadinya kondisi ekstrim," katanya, Kamis (2/1/2020).

"Allhamdulilah karena Bapak Bupati juga menginginkan hal demikian sebagai bentuk kesiagaan kami," imbuhnya.

Untuk Posko Siaga Bencana yang dibentuk berada di pelataran Kantor Damkar dan Kantor BPBD Gowa untuk di wilayah dataran rendah.

Sementara di wilayah dataran tinggi dibentuk di dua kecamatan masing-masing di Kantor Kecamatan Tinggimoncong, dan Kantor Kecamatan Bungaya.

Posko ini, katanya, difungsikan ebagai tempat dan sumber informasi bagi masyarakat dalam mengupdate kondisi cuaca selama memasuki musim penghujan.

Halaman
12
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved