Sekretaris KPU Sulbar

Hari Pertama Ngantor sebagai Sekretaris KPU Sulbar, Ini yang Dilakukan Dr Bakhtiar

Mantan auditor Inspektorat Pemprov Sulbar tersebut mengisi hari pertamanya berkantor di kantor KPU Sulbar

Hari Pertama Ngantor sebagai Sekretaris KPU Sulbar, Ini yang Dilakukan Dr Bakhtiar
nurhadi/tribunmamuju.com
Sekertaris KPU Sulbar yang baru Dr Bakhtiar foto bersama Komisioner dan jajaran staf sekretariat KPU Sulbar usai sambutan perkenalan di hari pertama berkantor. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Dr Bakhtiar memulai aktivitas perdananya sebagai Sekretaris KPU Provinsi Sulawesi Barat, Senin (30/12/2019).

Dia dilantik oleh Sekjen KPU RI, Arief Rahman Hakim, di kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (27/12/2019) lalu.

Mantan auditor Inspektorat Pemprov Sulbar tersebut mengisi hari pertamanya berkantor di kantor KPU Sulbar dengan sejumlah kegiatan, diantaranya pertemuan silaturahmi dengan komisioner dan seluruh staf KPU Sulbar.

Dalam sambutan perkenalannya tersebut, Dr Bakhtiar menyampaikan, bahwa jabatan sebagai sekretaris KPU provinsi merupakan amanah yang akan dijalankan dengan penuh tanggung jawab sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.

Hadir dalam acara penyambutan pejabat baru KPU Sulbar tersebut, lima komisioner KPU Sulbar yakni; ketua Rustang, anggota; Sukmawati, Said Usman, Adi Arwan serta Farhanuddin.
Hadir juga dalam pertemuan penuh keakraban tersebut, kepala bagian Keuangan, Umum dan Logistik, Djumrah Assak, para Kasubag serta staf KPU lainnya.

Bakhtiar yang merupakan doktor Administrasi Negara menceritakan pengalaman kerjanya sebelum akhirnya terpilih sebagai sekretaris KPU provinsi Sulbar.

"Setelah lulus kuliah, saya empat tahun berada di pedalaman Wamena, Papua bertugas mengajar. Di masa itu, sempat terjadi peristiwa konflik. Setelah itu ke Makassar dan kemudian (bertugas,-) di Inspektorat Sulawesi Barat,"kisahnya menceritakan kariernya sebagai birokrat.

Disamping mengisahkan perjuangannya bertugas mengajar di pedalaman Papua, Bakhtiar di acara perkenalan itu juga menyampaikan arahan ke para staf sekretariat.

Menurutnya, ada tiga aspek penting yang menjadi prioritasnya diawal bertugas yakni meneguhkan kemandirian lembaga KPU, integritas serta mutu profesionalisme sekretariat.

"Kita bekerja sesuai Undang-undang, mutu profesionalisme misalnya, birokrasi di KPU mesti mampu bekerja dengan kedisiplinan, dan pemahaman tugas dengan baik,"katanya.

Ia mengatakan, tiga aspek tersebut juga menjadi perhatian Sekretaris Jenderal KPU RI di Jakarta saat pelantikannya sebagai sekretaris.

Ketua KPU Sulbar, Rustang menyampaikan optimisme, Sekretaris KPU Sulbar yang baru tersebut mampu bekerja dengan profesional, salah satu alasannya adalah rekam jejak Dr Bakhtiar sebagai auditor Unspektorat.

"Dalam menyukseskan tahapan pemilihan kepala daerah mendatang, kerjasama yang baik antara komisioner dan Sekretariat itu merupakan hal yang sangat penting, kita berharap pengalaman beliau membawa manfaat untuk lembaga KPU dan tugas menyukseskan pemilihan," kata Rustang yang juga mantan ketua Panwas kabupaten Mamuju Tengah.

Penulis: Nurhadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved