Pendidikan

Bachtiar Adnan Kusuma: Pendidikan Tanggungjawab Kosmopolit yang Universal

Penyampaian pikiran-pikiran tentang Refleksi Pendidikan di Sulsel pada 2019, disampaikan BAK melalui Kuliah Online Group Whattshap Forum Peduli Pendid

Penulis: Muh. Hasim Arfah | Editor: Ansar
hasim arfah/tribun-timur.com
Ketua Forum Peduli Pendidikan Sulsel, Bachtiar Adnan Kusuma 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-  Ketua Forum Peduli Pendidikan Sulsel, Bachtiar Adnan Kusuma, kembali menegaskan kalau persoalan pendidikan adalah tanggungjawab sosial, kosmopolit sekaligus universal yang harus melibatkan semua pihak.

Penyampaian pikiran-pikiran tentang Refleksi Pendidikan di Sulsel pada 2019, disampaikan BAK melalui Kuliah Online Group Whats App Forum Peduli Pendidikan Sulsel, Minggu (22/12/2019).

Kegiatan ini mendapat tanggapan luar dari berbagai tokoh pendidikan, praktisi, guru dan pemerhati pendidikan yang dipandu Dedi Gunawan Saputra, mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pada sesi awal, BAK menyoroti persoalan pendidikan sepanjang 2019.

"Pertama, kita sepakat bahwa persoalan pendidikan adalah persoalan kita semua.

Tanggungjawab pendidikan bukan hanya urusan Negara, urusan Provinsi, Kab/Kota, melainkan urusan kita semua. Karena itu, pendidikan butuh tanggungjawab kosmopolit, universal dan memassal," katanya.

Kedua, takkan maju sebuah pendidikan dalam sebuah negara/bangsa tanpa keterlibatan kita semua.

Sesuai amanah UU Dasar 1945, UU No 20 Tahun 2003, Permendiknas No.75 Tahun 2016 Tentang Komite Sekolah.

Dari regulasi inilah, membuka tabir betapa pentingnya keterlibatan masyarakat dalam mewujudkan pendidikan berkualitas di Negara kita.

Persoalannya sekarang, ada pihak-pihak tertentu yang melemahkan peran masyarakat dalam dunia pendidikan dengan berbagai dalih.

Akibatnya peran masyarakat atas dunia pendidikan menilai kalau urusan pendidikan adalah urusan negara, bukan urusan masyarakat.

Inilah yang menjadi wajah buram dunia pendidikan kita yang mulai kehilangan arah dan partisipasi masyarakat.

Misalnya saja, soal PPDB Online di Sulsel, terkesan birokratisasi pendidikan, ada pihak menilai urusan PPDB Online adalah urusan Dinas Pendidikan Sulsel.

Ironinya, sosialisasi dan kampanye tata cara penerimaan siswa baru jauh sebelum pelaksanannya, tidak ada pengenalan terutama kepada orang tua calon peserta didik baru.

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved