Tribun Sulbar

Sambut Pilkada Serentak, KPU Sulbar Gelar Bimtek Pencalonan Pemilihan 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulbar akan mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pencalonan Pemilihan 2020.

Sambut Pilkada Serentak, KPU Sulbar Gelar Bimtek Pencalonan Pemilihan 2020
TRIBUN TIMUR/NURHADI
Komisioner KPU Sulbar Sukmawati M Sila saat diwawancarai wartawan beberapa waktu lalu di d'Maleo Hotel Mamuju (Nurhadi) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU -- Pemilihan Kepala Daerah untuk empat kabupaten di Sulawesi Barat akan digelar serentak 23 September 2020.

Untuk meningkatkan kompetensi para penyelenggara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulbar akan mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pencalonan Pemilihan 2020.

Agenda akan dilaksanakan tanggal 20-22 Desember di Hotel Grand Maleo, Mamuju.

Bintem tersebut rencananya akan di hadiri semua komisioner KPU Kabupaten se-Sulbar khususnya yang akan berpilkada, termasuk Kasubag dan Operator dihadirkan di bimtek ini.

"Sebagai bahan sharing penyelenggaraan KPU Polewali Mandar, dan Mamasa daerah yang tidak berpilkada di 2020 juga akan turut serta. Polman dan Mamasa dua kabupaten yang menggelar Pilkada tahun 2018,"kata komisioner KPU Sulbar Koordinator Divisi Teknis Said Usman Umar, kepada Tribun-Timur.com, Jumat (20/12/2019).

Said Usman Umar, mengemukakan kegiatan ini juga akan dihadiri anggota KPU RI Divisi Teknis Evi Novida Ginting.

"Akan hadir di Sulbar untuk memberikan pengarahan dan materi tentang pencalonan Pilkada kepada peserta. Sengaja kami hadirkan agar mekanisme pencalonan akan lebih maksimal dapat dipahami peserta. Artinya, masalah pemahaman diharap akan tuntas di bimtek ini,"ujarnya.

Ditambahkan, disamping pimpinan KPU RI, hadir pula Operator Silon KPU RI untuk mengawal peserta bimtek dalam penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Hal lain yang menarik dalam kegiatan ini kata dia, akan dilakukan simulasi Penerimaan Dukungan Calon Perseorangan dan Pendaftaran Calon.

"Semua proses simulasinya akan kita catat untuk disimpulkan dalam bentuk SOP Pencalonan yang akan disusun oleh peserta Bimtek," imbuh Said Usman.

Plh. Ketua KPU Provinsi Sulbar, Sukmawati M.Sila berharap KPU Kabupaten se-Sulbar dapat memanfaatkan momen penting ini. Bukan hanya pada masalah tahapan pencalonan, tapi masalah lain dapat ditanyakan.(tribun-timur.com).

Laporan Wartawan Tribun-Timur.com, @nurhadi5420

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

 

Penulis: Nurhadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved