Breaking News:

Kementan

Sambung Menyambung Padi-Padi-Padi, Setelah Panen Raya, Kelompok Tani Gunungkidul Bersiap Tanam Lagi

Poktan Sido Guyub, Gedaren, Sumbergiri, Ponjong yang justru ramai-ramai panen raya musim tanam ketiga atau tanam di musim kemarau.

Sambung Menyambung Padi-Padi-Padi, Setelah Panen Raya, Kelompok Tani Gunungkidul Bersiap Tanam Lagi - panen-raya-di-kelompok-tani-poktan-sido-guyub-gedaren-sumbergiri-ponjong.jpg
dok kementan
Panen raya di Kelompok Tani (Poktan) Sido Guyub, Gedaren, Sumbergiri, Ponjong pada musim tanam ketiga atau tanam di musim kemarau.
Sambung Menyambung Padi-Padi-Padi, Setelah Panen Raya, Kelompok Tani Gunungkidul Bersiap Tanam Lagi - petani-ramai-ramai-panen-raya-musim-tanam-ketiga-atau-tanam-di-musim-kemarau.jpg
dok kementan
petani di Kelompok Tani (Poktan) Sido Guyub, Gedaren, Sumbergiri, Ponjong yang justru ramai-ramai panen raya musim tanam ketiga atau tanam di musim kemarau.

Sambung Menyambung Padi-Padi-Padi, Setelah Panen Raya, Kelompok Tani Gunungkidul Bersiap Tanam Lagi

TRIBUN-TIMUR.COM - Musim hujan di Kabupaten Gunungkidul datang terlambat, sehingga di bulan Desember 2019 ini kebanyakan dusun dan desa baru memulai musim tanam 2019/2020.

Namun demikian, di Kabupaten ini terdapat petani di Kelompok Tani (Poktan) Sido Guyub, Gedaren, Sumbergiri, Ponjong yang justru ramai-ramai panen raya musim tanam ketiga atau tanam di musim kemarau.

Lukito (65) Ketua Poktan Sido Guyub melaporkan lahan yang dikelola Poktan ada 27 hektar tanam padi yang memasuki panen raya hari.

Mentan Syahrul Dorong DWP Kementan Berkontribusi Bagi Pembangunan Pertanian

Pengumpanan Tikus Cara Efektif Kementan Amankan Produksi Padi

Sedangkan jika diurutkan dengan Poktan lain, Bulak yang menyambung ada 70 hektar di Sumber Giri (Bulak Koripan dan bulak Gedaren).

Tapi semuanya justru bisa panen 3x dalam setahun dengan pola tanam Padi-Padi-Padi.

“Varietas padi yang ditanam ada Situbagendit, Mapan 05, dan IR 64. Hasil ubinan masing masing Situbagendit ubinan 9,7 ton gabah kering panen (GKP, red) per hektar,

"Mapan 05 ubinan 13,6 ton GKP per hektar dan IR 64 ubinan 10.08 ton GKP per hektar. Tentu hasil ini sangat menggembirakan para petani,” ujarnya, Kamis (19/12/2019).

Heru (37), salah seorang Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Ponjong mengatakan bersamaan dengan panen di Sumbergiri di Desa Ponjong, Bulak Sumber juga tengah panen raya seluas 32 hektar dengan ubinan 9,2 ton GKP/hektar.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Pertanian Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengapresiasi atas hasil panen di Gedaren Ponjong.

Halaman
123
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved