Pungutan Liar

Sepanjang 2019, Sekolah Dominasi Kasus Pungli di Sulsel, Ini Lokasinya

Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah, Kapolda Sulsel Irjen Pol Guntur Laupe, Kajati Sulsel Firdaus Dewilmar, serta para bupati dan walikota se Sulsel.

Sepanjang 2019, Sekolah Dominasi Kasus Pungli di Sulsel, Ini Lokasinya
saldy/tribun-timur.com
Tim Saber Pungli Sulawesi Selatan (Sulsel) yang didalamnya merupakan gabungan antara APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah) dan APH (Aparat Penegak Hukum) melakukan Deklarasi Masyarakat Anti Pungli di Sulawesi Selatan. 

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Tim Saber Pungli Sulawesi Selatan (Sulsel) yang didalamnya merupakan gabungan antara APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah) dan APH (Aparat Penegak Hukum) melakukan Deklarasi Masyarakat Anti Pungli di Sulawesi Selatan.

Deklarasi yang berlangsung di Hotel Gammara, Jl Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar, Rabu (16/12/2019) ini dihadiri langsung Irwasum Polri selaku ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Komjen Pol Moechgiyarto.

Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah, Kapolda Sulsel Irjen Pol Guntur Laupe, Kajati Sulsel Firdaus Dewilmar, serta para bupati dan walikota se Sulsel.

Terkait dengan kegiatan ini, Tim Saber Pungli Sulawesi Selatan juga membeberkan kasus - kasus pungli yang berlangsung di Sulawesi Selatan.

Dari data yang dihimpun, ada puluhan laporan kasus pungli yang diterima oleh Saber Pungli.

"Jadi banyak laporan yang masuk, hanya tidak bisa kita ekspose semua. Khawatirnya OTT ( Operasi Tangkap Tangan) yang akan kita lakukan bisa bocor," ujar Anggota Tim Saber Pungli Sulsel, Muhammad Salim.

Menurut dia, pihaknya baru bisa mengekspose kasus pungli ini setelah kasus pungli tersebut sudah masuk dalam tahap penyidikan.

Alasannya, dengan status penyidikan ini, unsur dugaan pungli melalui dua alat bukti sudah memenuhi syarat.

Ia menyebutkan sepanjang 2019, terdapat empat kasus pungli yang telah diselesaikan hingga berlangsungnya proses peradilan.

Kasus itu diantaranya, pungli penerimaan siswa baru SMA 1 Makassar, pungli penerimaan siswa baru di MAN 2 Makassar, pungli buku di SMA 5 Makassar, dan pungli izin angkutan umum di Dinas Perhubungan Sulsel.

Halaman
123
Penulis: Saldy Irawan
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved