Mentan Syahrul Dorong DWP Kementan Berkontribusi Bagi Pembangunan Pertanian

Mentan Syahrul Dorong DWP Kementan Berkontribusi Bagi Pembangunan Pertanian

Mentan Syahrul Dorong DWP Kementan Berkontribusi Bagi Pembangunan Pertanian
Kementan
Mentan Syahrul Dorong DWP Kementan Berkontribusi Bagi Pembangunan Pertanian 

TRIBUN-TIMUR.COM -- Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menegaskan Dharma Wanita Pertanian di era sekarang peranannya dituntut lebih besar.

Hal itu disampaikan pada acara Rapat Anggota dan Serah Terima Jabatan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Pertanian sekaligus memperingati HUT DWP ke-20, Rabu, 18 Desember 2019, di Kantor Badan Litbang Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

"Tugas Ibu-ibu cukup berat. Bagaimana harus menjadi manajer, mengelola keluarga agar selalu tercipta kondisi yang baik. Karena dari keluarga yang baiklah, kita semua akan memberikan kontribusi yang positif bukan hanya di lingkungan kerja tapi juga bagi negara. Jadi, ibu-ibulah yang menentukan kehidupan ke depan yang lebih baik dan lebih bermakna," ungkap Syahrul.

Untuk itu, menurut Mentan Syahrul, DWP adalah wadah yang tepat untuk menjalin kebersamaan sebagai bentuk dukungan dalam menjalankan tugas dan peran para suami di Kementan.

"Hindari gosip yah!. Kita harus saling care, sharing, memberi dorongan, menghadirkan kebahagiaan dan jangan menjadi trouble maker," kata Syahrul.

Sementara itu, di tempat yang sama, Penasehat DWP Kementan,  Ayu Sri, mengatakan bahwa hal utama yang harus dilakukan oleh masing-masing anggota Dharma Wanita adalah saling bekerja sama dan mencintai, karena, menurut istri Mentan Syahrul, seberapa pun beratnya beban dan tugas, jika dikerjakan secara bersama-sama akan dengan mudah diselesaikan.

"Kerja sama yang baik itu syaratnya kita harus saling mencintai yah ibu-ibu. Jangan saling curiga karena kita semua adalah keluarga besar Kementan," ungkap Ayu Sri.

Di hadapan pengurus DWP Kementan, Syahrul menjelaskan bahwa salah satu program Kementan adalah Family Farming. Melalui program ini, Mentan Syahrul berharap setiap keluarga dapat mengoptimalkan lahan disekitarnya untuk ketahanan pangan.

"Melalui Family Farming, atau Family Garden, diharpkan kebutuhan pangan harian bisa tercukupi. DWP bisa memainkan perannya di sini. Terutama bagi keluarga-keluarga kalangan miskin," kata Syahrul.

Lebih lanjut, mantan Gubernur Sulsel dua periode ini mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan DWP Kementan bersama UMKM menggarap usaha pengolahan produk turunan pertanian yang memiliki nilai ekonomi dan berorientasi ekspor.

"Dengan perencanaan yang holistik, ranah peran DWP Kementan bisa diperluas, bukan hanya sosial tapi juga ekomoni produktif. Selaras dengan program Kementan. Maka dari itu, perlu harmonisasi dengan semu pihak," pungkasnya.

Tema Rapat Anggota DWP Kementan adalah "Aktualisasi Kinerja dan Pengembangan Kualitas Dharma Wanita Sebagai Mitra Pemerintah dalam Era Perubahan", selain sebagai ajang penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus periode 2014-2019, di hari yang sama akan dipilih juga kepengurusan DWP Kementan periode 2019-2024.

Editor: Waode Nurmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved