Hasil Survei DPRD Makassar

Survei CRC Ungkap Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kinerja Anggota DPRD Makassar Memuaskan

Hal itu dilihat berdasarkan hasil riset Celebes Research Center (CRC) dalam survei kebijakan publik dan persepsi masyarakat yang dilakukan pada Novemb

Survei CRC Ungkap Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kinerja Anggota DPRD Makassar Memuaskan
Dok.Irwan Alim
Peneliti CRC Irwan Alim 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kepercayaan masyarakat terhadap kinerja anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar periode 2019 - 2024 cukup memuaskan.

Hal itu dilihat berdasarkan hasil riset Celebes Research Center (CRC) dalam survei kebijakan publik dan persepsi masyarakat yang dilakukan pada November 2019 akhir.

Menurut Peneliti CRC Irwan Alim hasil riset dalam survei kebijakan publik dan persepsi masyarakat yang dilakukan mendapatkan temuan menarik terkait respons publik atas kinerja dewan.

"Dari respons publik itu, ada 3 hal yang menjadi parameter untuk merujuk pada optimisme publik yang cukup tinggi atas harapan terhadap kinerja anggota DPRD Kota Makassar," kata Irwan dalam rilisnya.

Pertama, survei atas respon publik diukur dari sisi kemampuan Anggota DPRD dalam upayanya membawa dan mengawal perubahan di Makassar.

Hasilnya, sebanyak 49.0% responden menjawab yakin atas kemampuan Anggota Dewan dalam membawa dan mengawal perubahan.

"Angka tersebut didapatkan atas anggapan masyarakat bahwa komposisi anggota dewan yang terpilih saat ini mewakili beberapa elemen penting dalam masyarakat baik dari segi usia, ketokohan dan pendidikan,"sebutnya.

Kemudian, dalam konteks mendengarkan dan menyalurkan aspirasi masyarakat, sebanyak 50.1% responden menjawab yakin atas kepedulian dan perhatian dewan dalam mendengar dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Jawaban itu didasarkan atas pengalaman masyarakat terkait intensitas anggota dewan yang tergolong cukup tinggi untuk bertemu, dan berdiskusi ke masyarakat baik dalam kegiatan reses, penyaluran bantuan, maupun pendampingan.

Sementara dalam menghasilkan peraturan-peraturan daerah yang mengutamakan kepentingan rakyat, lanjut Irwan ditemukan di lapangan terkait keyakinan masyarakat terhadap kinerja anggota dewan ke depan sangat memuaskan.

Halaman
12
Penulis: Hasan Basri
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved