Korupsi PAUD Bone

3 Tersangka Dugaan Korupsi PAUD Bone, Istri Wabup Tak Ditahan, Duduk Perkara dan Peran Tersangka

Satu tersangka lainnya, Hj Erniati, yang juga istri Wakil Bupati Bone, belum ditahan. Padahal, ia juga telah ditetapkan sebagai tersangka

3 Tersangka Dugaan Korupsi PAUD Bone, Istri Wabup Tak Ditahan, Duduk Perkara dan Peran Tersangka
KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Ilustrasi korupsi. 

BONE, TRIBUN-TIMUR.COM - Penyidik Polres Bone telah menyerahkan tiga orang tersangka kasus dugaan korupsi bantuan Operasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Bone, ke Kejari Bone, akhir pekan lalu.

Ketiga tersangka yang ditahan itu masing-masing Sulastri selaku Kepala Seksi PAUD Dinas Pendidikan Bone, Drs Muh Ikhsan selaku Staf Paud Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, dan Masdar selaku Pengawas TK Dinas Pendidikan Kabupaten Bone.

Satu tersangka lainnya, Hj Erniati, yang juga istri Wakil Bupati Bone, belum ditahan. Padahal, ia juga telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

Kasat Reskrim Polres Bone, IPTU M Fahrun mengatakan, penyidik Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Bone telah melakukan penahanan dan pelimpahan berkas perkara (tahap dua) ke Kejaksaan Negeri Bone para tersangka korupsi PAUD Bone.

Menurut Fahrun, alasan sehingga Erniati belum ditahan karena berkasnya belum lengkap sehingga dikembalikan oleh penyidik Kejari Bone.

"Untuk tiga tersangka lainnya yakni Ikhsan, Masdar dan Sulastri sudah diserahkan ke Kejaksaan. Sedangkan untuk istri wakil Bupati Bone masih dilengkapi berkasnya," kata Fahrun.

Ketiga tersangka langsung dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Watampone untuk ditahan sambil menunggu proses persidangan.

Lalu bagaimana sebenarnya duduk persoalan kasus ini? Dan apa peran masing-masing tersangka? Berikut ulasannya yang dihimpun dari hasil gelar perkara Polres Bone dan Polda Sulsel.

Duduk Perkara

Kasus ini terjadi pada tahun 2017 lalu. Pemerintah pusat menggelontorkan dana untuk pengadaan buku bahan ajar pada Satuan PAUD di Bone.

Halaman
1234
Penulis: Darul Amri Lobubun
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved