Tribun Polman

SMKN Bulo Polman Siap English Day

SMKN Bulo kini diwarnai dengan label-label visual yang dapat menambah wawasan, tidak hanya untuk peserta didik

SMKN Bulo Polman Siap English Day
dok-Fadhilah
Sejumlah siswa SMK Negeri Bulo tanpa membaca label-label benda di sekolah dengan bahasa Inggiris yang diterapkan oleh Fadhilah salah satu peserta Latsar CPNS 2018 Sulawesi Barat. (dok-Fadhilah) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - SMKN Bulo merupakan salah satu sekolah kejuruan yang saat ini mengalami peningkatan dan perkembangan yang baik di Kabupaten Polewali Mandar.

Sekolah yang berada dibawah naungan Pemprov Sulbar tersebut, mempunyai tiga jurusan yang sangat sesuai dengan minat siswa, yaitu tekhnis dan bisnis sepeda motor, agribisnis pengolahan hasil pertanian, dan multimedia.

Sekolah tersebut juga memiliki tenaga pendidik yang handal dibidangnya masing-masing. Tahun ini, sekolah yang berada di gerbang Kecamatan Bulo tersebut mencanangkan pembelajaran bahasa Inggris yang efektif untuk para peserta didiknya.

Bisa dilihat dengan adanya nunasa baru saat kita memasuk sekolah tersebut. Mulai dari gerbang depan sekolah, ruang guru dan ruang kepala sekolah, hingga semua laboratorium, kantin, taman dan semua objek yang ada dalam lingkungan sekolah dan kelas dilabeli dengan nama berbahasa Inggris.

Tentunya ini merupakan suatu gebrakan baru bagi sekolah yang terbentuk pada tahun 2010 tersebut.

"Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan aktualisasi CPNS ini, guru bahasa Inggris kami mencoba meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris para peserta didik dengan menggunakan metode labelling, respon dari peserta didik pun sangat bagus, dari yang tadinya belum tau, jadi tau, dan itu akan berproses sedikit demi sedikit, itu harapan saya," tutur Kepala Sekolah SMKN Bulo, Rizal K.

Terbukti, dengan adanya labelling tersebut, terlihat beberapa peserta didik dengan semangat mempelajari atau sekedar membaca label-label tersebut.

"Sebenarnya ini adalah program aktualisasi saya yang saat ini saya terapkan sebagai salah satu peserta latsar CPNS pemprov Sulbar 2019 angkatan VI. Saya sangat beruntung mendapat dukungan yang begitu hebat dari pembimbing, penguji dan mentor juga kepala sekolah serta para guru dan staf SMKN Bulo,"ujar Fadhilah, guru Bahasa Inggris SMKN Bulo.

Harapan saya, lanjutnya, dengan adanya label behasa Inggris ini bisa menjadi media bagi peserta didik untuk melakukan pembiasaan membaca kosakata-kosakata bahasa Inggris juga sebagai sarana belajar, agar peserta didik familiar dengan bahasa international ini

SMKN Bulo kini diwarnai dengan label-label visual yang dapat menambah wawasan, tidak hanya untuk peserta didik, tapi juga pada guru-guru dan staf lainnya.

"Jadi diharapkan, para peserta didik tidak hanya belajar didalam ruangan kelas, tapi juga bisa belajar outdoor kapanpun,"tuturnya. (tribun-timur.com).

Laporan Wartawan Tribun-Timur.com, @nurhadi5420

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

 

Penulis: Nurhadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved