Tribun Sulsel

Wakil Gubernur Minta Kaji Ulang Dua Ranperda Inisiatif DPRD Sulsel

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman Minta Kaji Ulang Dua Ranperda Inisiatif DPRD Sulsel

Wakil Gubernur Minta Kaji Ulang Dua Ranperda Inisiatif DPRD Sulsel
Humas Pemprov Sulsel
Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman meminta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mengkaji ulang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perlindungan Potensi Perikanan dan Kelautan serta Pelestarian Warisan Budaya Tak Benda.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dalam rapat paripurna dengan agenda penyampaian Pendapat Gubenur terhadap dua Ranperda inisiatif DPRD Sulsel tersebut, Selasa (10/12/2019).

Rapat yang digelar di lantai III gedung DPRD Sulsel Jl Urip Sumoharjo, Kecamatan Panakukkang, dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Sulsel Nimatullah.

"Ranperda tentang perlindungan potensi perikanan dan kelautan, disarankan agar dikaji dan dipertimbangkan lebih seksama kembali," kata Andi Sudirman Sulaiman dalam naskah pendapat Gubernur yang dibacakan.

Sudirman menilai Perda nomor 2 tahun 2019 secara substansial telah mencakup apa yang dituangkan dalam Ranperda yang diinisiasi DPRD Sulsel.

Perda tersebut mengatur mengenai pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil yang bertujuan untuk perlindungan lingkungan.

Yaitu, pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan melalui pendekatan kemandirian lokal dan lainnya.

Lanjut Sudirman bahwa di dalam amanat undang undang 27 tahun 2007 mewajibkan daerah selain Perda tentang RZWP-3-K juga Pergub tentang Zonasi Rinci dan Keputusan Gubernur tentang rencana aksi .

Dimana pada hakekatnya dimaksudkan untuk menjamin potensi sumber daya kelautan dan perikanan
terlindungi.

Begitu pun dengan Ranperda inisiatif DPRD tentang Pelestarian Warisan Budaya Tak Benda. Dia meminta agar ranperda tersebut ditinjau kembali.

Halaman
12
Penulis: Hasan Basri
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved