Warga Miskin Sulsel

Wagub: Warga Miskin di Sulsel 767 Ribu Jiwa

Menurut dia, angka ini mengalami penurunan sebesar 24,83 ribu jiwa jika dibandingkan dengan kondisi Maret 2018.

Wagub: Warga Miskin di Sulsel 767 Ribu Jiwa
saldy/tribun-timur.com
Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, bersama peserta Rakor TKPK Sosial se-Sulsel. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman membeberkan, jumlah penduduk miskin di Sulawesi Selatan pada Maret 2019 sebesar 767,80 ribu jiwa.

Hal tersebut diungkapkan Wagub Sulsel disela-sela Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Provinsi Sulsel yang berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan (Rapim) Kantor Gubernur Sulsel, Senin (9/12/2019).

Menurut dia, angka ini mengalami penurunan sebesar 24,83 ribu jiwa jika dibandingkan dengan kondisi Maret 2018.

"JIka dipersentasekan, penduduk miskin baik di daerah perkotaan maupun pedesaan di Sulawesi Selatan pada periode Maret 2018 sebesar 9,0 turun menjadi 8,69 per Maret 2019," ujarnya.

Acara yang dihadiri oleh para kepala dinas sosial se-Sulsel ini, agar para Dinas Sosial di daerah untuk mengupdate data data terbaru mengenai angka kemiskinan.

Hal ini bertujuan agar pemberian bantuan sosial oleh pemerintah bisa tepat sasaran.

ia mengaku, Pemprov Sulsel juga berupaya untuk menghadirkan data valid dan akurat terkait jumlah penduduk pra-sejahtera di Sulsel dengan menyisir setiap wilayah di 24 Kabupate/Kota Sulawesi Selatan.

"Jadi kita harus memverifikasi validasi data (penduduk miskin) terlebih dahulu, dan kita juga meminta agar disisir sampai ke desa untuk memperbaiki datanya kembali. Jika dulunya penerima manfaat, sekarang sudah lepas otomatis berubah datanya, ini yang kita mau," kata adik kandung Amran Sulaiman ini.

Selain kadis, tamu istimewa dalam kegiatan ini para Wakil Bupati dan Wakil Walikota.

Rapat ini dihadiri oleh 13 Wakil Bupati daerah di Sulsel di antaranya, Wakil Bupati Toraja Utara, Wakil Bupati Pinrang, Wakil Bupati Enrekang, Wakil Bupati Palopo, Wakil Bupati Sinjai, Wakil Bupati Bulukumba, Wakil Bupati Pangkep, Wakil bupati Jeneponto, Wakil Bupati Wajo, Wakil Bupati Luwu dan Wakil Wali Kota Parepare.

Rapat koordinasi ini bertajuk koordinasi terkait Upaya Penanggulangan Kemiskinan di Sulawesi Selatan dan Pemanfaatan Satu Data Basis Terpadu Dalam Rangka Penajaman Ketepatan Sasaran Penerima Manfaat Khususnya Penduduk Miskin.

Penulis: Saldy Irawan
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved