Unismuh

E-Government Penyelenggara Negara Jadi Keharusan Bukan Pilihan

Digitalisasi tata kelola pemerintahan merupakan langkah nyata reformasi birokrasi bermuara pada peningkatan kualitas pelayanan publik.

E-Government Penyelenggara Negara Jadi Keharusan Bukan Pilihan
Unismuh Makassar
Ketua Prodi S1 Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh Makassar, Dr. Nuryanti Mustari, S.IP, M.Si, pada makalah berjudul, Tata Kelola Pemerintahan di Era Revolusi Industri 4.0. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Di tengah tantangan dunia menghadapi Revolusi Industri 4.0, penerapan E-Government bagi penyelenggara negara adalah sebuah keharusan bukan pilihan.

Digitalisasi tata kelola pemerintahan merupakan langkah nyata reformasi birokrasi bermuara pada peningkatan kualitas pelayanan publik.

Di era Revolusi Industri 4.0 ini, birokrasi pemerintahan juga harus beradaptasi.

Demikian pokok pikiran Ketua Prodi S1 Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh Makassar, Dr  Nuryanti Mustari, S.IP, M.Si, pada makalah berjudul, Tata Kelola Pemerintahan di Era Revolusi Industri 4.0.

Makalah ini dibawakan pada Simposium Nasional Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Perguran Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Senin (9/12/2019).

Dijelaskan, kemampuan organisasi untuk berkompetisi dan mengikuti perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi perlu dukungan dari individu-individu yang ada di dalam organisasi tersebut.

Penerapan e-government harus dilaksanakan secara massif dengan menyiapkan infrastruktur data dan jaringan yang mempuni.

Juga menyiapkan infrastruktur sumber daya manusia yang terampil yang memiliki information technology literacy yang tinggi, tegas doktor administrasi publik PPs-UNM ini.

Di tengah tantangan dunia menghadapi Revolusi Industri 4.0 transformasi organisasi pemerintah adalah suatu keniscayaan,.

Sehingga perlu terus diarahkan kedalam perubahan dari budaya dan tata kerja lama yang kurang kondusif kebudayaaan dan tata kerja baru yang lebih kondusif.

Halaman
12
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved