Kementan

Mentan Syahrul YL Tantang Petani Sulbar Tingkatkan Produktifitas

Menurutnya, jika selama ini produktifitas jagung petani hanya 5 ton per panen, maka ke depan harus meningkat menjadi 7 sampai 10 ton.

Mentan Syahrul YL Tantang Petani Sulbar Tingkatkan Produktifitas
nurhadi/tribunmamuju.com
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) kunjungan kerja di Desa Sondoang, Kecamatan Kalukku, Kabuaten Mamuju. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) tantang petani di Sulawesi Barat tingkatkan produktifitas.

Menurutnya, jika selama ini produktifitas jagung petani hanya 5 ton per panen, maka ke depan harus meningkat menjadi 7 sampai 10 ton.

"Ayolah tingkatkan produktifitasnya. Harus di atas tujuh ton, kalau Sulsel bisa 7-9 ton, kenapa di Sulbar tidak bisa. Saya yakin itu bisa, kalau tidak, berarti ada masalah pada lahan, harus disiapkan lebih baik,"kata SYL

Hal itu dikatakannya saat kunjungan kerja sekaligus penyerahan bantuan komoditas pertanian dan peternakan di Desa Sondoang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulbar, Sabtu (7/12/2019).

Kunjunga kerja SYL ke Mamuju Sulawesi Barat, didampingi sejumlah pejabat eselon I Kementan, diantaranya Dirjen Tanaman Pangan, Dirjen Perkebunan, Kepala Badan Litban Kementan dan Kepala Badan Karantina dan staf Ahli.

SYL meminta Gubernur, Bupati, Sekda dan ketua DPRD merencanakan kebutuhan untuk memajukan pertanian dan disampaikan ke pemerntah pusat, sebab kata dia, negara punya kewajiban untuk mensejahterakan rakyatnya.

"Tanah di Sulbar ini semua cocok ditanami jagung, yang tidak boleh ditanam jagung itu hanya aspal sama kuburan,"katanya.

Jika selama ini masalah pada kelompok tani yang kurang melakukan persiapan sehingga produktifitas tidak dapat meningkat, ataukah persoalan bibit, pukuk, maka ke depan harus jadi perhatian pemerintah.

"Kita haris mampu menerakan mekanisasi pasca panen, jika ini dapat kita lakukan, maka yakin kita akan menghasilkan jagung yang lebih banyak sesuai apa yang kita inginkan,"katanya.

Olehnya, ia berharap Kepala Desa Camat, Bupati dan Gubernur berpiki bersama-sama untuk memperbaiki mutu dan kualitas pertanian.

Halaman
123
Penulis: Nurhadi
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved