Difabel Enrekang

Baznas dan Komunitas Difabel Enrekang Jalin Kerjasama Untuk ini

Apalagi sudah ada Perda tentang disabilitas telah ditetapkan Pemda bersa DPRD Enrekang.

Baznas dan Komunitas Difabel Enrekang Jalin Kerjasama Untuk ini
Baharuddin
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Enrekang dan Komunitas Difabel Enrekang sepakat mengadakan sosialisasi layanan dan fasilitas kelompok difabel di masjid-masjid sesuai undang-undang nomor 8 tahun 2016. 

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Komunitas Difabel Enrekang mengadakan sosialisasi layanan dan fasilitas kelompok difabel di masjid sesuai undang-undang nomor 8 tahun 2016.

Ketua difabel atau Institut Difabel Enrekang Paluffi Machmud, mengaku bersyukur sudah mendapatkan proritas di pihak Baznas Enrekang pada kegiatan pemberdayaan dalam bentuk pelatihan.

Apalagi sudah ada Perda tentang disabilitas telah ditetapkan Pemda bersa DPRD Enrekang.

Meski belum terlaksana dengan baik, namun pihaknya mengakui mebutuhkan aturan turunan yang lebih teknis yaitu peraturan Bupati.

Khususnya, layanan dan fasilitas difabel dan disabilitas yang dibutuhkan di Enrekang belum terpenuhi sesuai perintah UU dan Perda.

"Yang paling mendesak bagi kami yaitu sarana dan fasilitas ibadah shalat di masjid Masjid, semacam kursi dan alat khusus lainnya," kata Paluffi dalam pertemuan tersebut dengan Baznas Enrekang, Jumat (6/12/2019).

Ia menjelaskan, ada anggapan kaum difabel jarang ke masjid shalat berjamaah, padahal bukan tidak mau tapi fasilitas khusus untuk difabel tidak ada.

Sehingga bisa berdampak tidak khusyuknya shalat jamaah lainnya, makanya itulah kami hindari.

Tak lupa, Ia berterima kasih pada Baznas Enrekang karena secara terbuka memberi akses dan peluang dialogis serta kerjasama program dan data.

"Tapi dengan diakomodirnya hal ini oleh Baznas Enrekang, tentu ini suatu kesyukuran sehingga setiap orang bisa pahami hal itu. Tentu kedepan kita kembangkan program kerjasama ini," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved