Stok Beras di Gowa

Pemkab Gowa Pastikan Stok Beras Cukup di Musim Hujan

"Kita pastikan kebutuhan ketersediaan beras dan komoditas lainnya dapat mencukupi," kata Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Gowa Sugeng Priyanto, R

Pemkab Gowa Pastikan Stok Beras Cukup di Musim Hujan
Ari Maryadi/Tribun Timur
Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni ketika melakukan panen perdana Gapoktan Harapan Jaya di Kecamatan Bajeng Barat, Jumat (25/10/2019) lalu. 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Gowa menyampaikan stok ketersediaan beras dipastikan aman pada musim hujan akhir tahun 2019 ini.

"Kita pastikan kebutuhan ketersediaan beras dan komoditas lainnya dapat mencukupi," kata Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Gowa Sugeng Priyanto, Rabu (4/12/2019).

Sugeng menuturkan, ketersediaan beras, jagung dan tanaman lainnya telah dilakukan antisipasi oleh Pemkab Gowa.

Ia mengungkapkan, bahwa telah terjadi pergeseran hujan di Kabupaten Gowa. Hal itu berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sulsel.

Oleh karena itu, langkah yang dilakukan utamanya pada sektor pertanian yaitu menerapkan beberapa teknologi pada sistem pertanian.

Sugeng menyebutkan, petani saat ini telah menggunakan benih pada yang lebih mudah dari biasanya.

Sehingga proses menanam yang dilakukan bisa lebih cepat dari sebelumnya dan mempengaruhi proses panen pula.

Termasuk pula beberapa metode tanam yang baru yaitu proses taman hazton dan jajar legowo telah dilakukan.

Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni ketika melakukan panen perdana Gapoktan Harapan Jaya di Kecamatan Bajeng Barat, Jumat (25/10/2019) lalu.
Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni ketika melakukan panen perdana Gapoktan Harapan Jaya di Kecamatan Bajeng Barat, Jumat (25/10/2019) lalu. (Ari Maryadi/Tribun Timur)

Dengan penanaman tersebut, target untuk menjaga ketersediaan pangan saat terjadi perubahan iklim dapat dihadapi.

Ia menyebutkan, di wilayah Kabupaten Gowa ketersediaan komoditas yang perlu dijaga saat terjadi perubahan iklim yaitu beras dan jagung yang juga sesuai kebutuhan nasional.

Halaman
12
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved