Tribun Makassar

Jelang Libur Nataru, Penukaran Valas Meningkat

Di PT Haji La Tunrung AMC misalnya, penukaran beberapa mata uang asing cukup meningkat hingga awal Desember ini.

Jelang Libur Nataru, Penukaran Valas Meningkat
fahrizal/tribun-timur.com
Suasana masyarakat menukar mata uang asing di PT Haji La Tunrung AMC, Rabu (4/12/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Transaksi penjualan valuta asing (valas) menjelang libur Natal dan tahun baru (nataru), cenderung meningkat di beberapa Authorized Money Changer (AMC) di Kota Makassar.

Di PT Haji La Tunrung AMC misalnya, penukaran beberapa mata uang asing cukup meningkat hingga awal Desember ini.

Public Relation (PR) PT Haji La Tunrung AMC, Hawa Hardianti mengatakan, setiap akhir tahun memang ada kecenderungan peningkatan masyarakat bertransaksi valas.

"Akhir tahun memang selalu ada peningkatan permintaan, khususnya jelang Natal dan tahun baru. Mungkin banyak orang yang akan liburan ke luar negeri memanfaatkan momen liburan," kata Hawa ditemui di kantornya, Jl Martadinata, Makassar, Rabu (4/12/2019).

Menurut Hawa, meski tak menentu dan bergantung musimbya, namun biasanya tren penukaran valas akan naik hingga momen liburan Nataru.

Lanjut dikatakan, saat ini mata uang asing yang cukup banyak ditukar masyarakat adalah Euro dan Poundsterling.

"Biasanya masyarakat yang mau liburan di akhir tahun kan kejar saljunya di Eropa, sekalian merayakan Natal mungkin di sana. Jadi cukup banyak yang tukar mata uang Eropa," kta dia.

"Selain Eropa, beberapa negara di Asia seperti Jepang juga cukup banyak diminta mata uangnya," tambahnya.

Selain liburan, kata Hawa, faktor sejumlah maskapai yang menawarkan promo tiket hingga paket liburan ke luar negeri juga memicu meningkatnya transaksi valas di PT Haji La Tunrung jelang akhir tahun ini.

"Memang kebutuhan uang asing meningkat di akhir tahun, selain itu kan sempat kemarin ada promo tiket yang ditawarkan maskapai, juga paket-paket liburan. Ini mungkin yang banyak ambil, tur rombongan begitu," bebernya.

Halaman
12
Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved