Tribun Sulbar

Sulbar Terima 70 KK Warga Transmigrasi dari 7 Provinsi, Apa Saja?

Warga transmigrasi masing-masing 10 KK dari Jawa Tengah, 10 KK dari Jawa Barat, 10 KK dari DKI Jakarta, 15 KK dari Daerah Istimewa Yogyakarta, 10 KK d

Sulbar Terima 70 KK Warga Transmigrasi dari 7 Provinsi, Apa Saja?
nurhadi/tribunmamuju.com
Penyambutan warga transmigrasi dari tujuh provinsi di halaman kantor Pos Basarnas Mamuju, Jl Trans Sulawesi, Kecamatan Kalukku, Sulbar, Senin (2/12/2019) 

TRIBUN-TIMURM.COM, MAMUJU - Provinsi Sulawesi Barat, kekedatangan 70 kepala keluarga (KK) atau 226 jiwa warga transmigrasi dari tujuh provinsi, Senin (2/12/2019).

Warga transmigrasi masing-masing 10 KK dari Jawa Tengah, 10 KK dari Jawa Barat, 10 KK dari DKI Jakarta, 15 KK dari Daerah Istimewa Yogyakarta, 10 KK dari Jawa Barat, 10 KK dari NTT dan lima KK dari Lampung.

Para warga transmigrasi mendarat di Bandara Tampa Padang, Mamuju, kemudian diterima secara resmi Wakil Gubernur Sulbar Hj Enny Angraeny Anwar, di halaman kantor POS Basarnas Mamuju, Jl Trans Sulawesi, Kecamatan Kalukku.

Mereka disambut dengan tarian tradisional Paduppa dengan iringan gendang oleh Sanggar Seni Bamba Manurung, dilanjutkan pengalungan tenunan sekomandi khas Kalumpang Mamuju.

Kepala Dinas Transmigrasi Provinsi Sulawesi Barat, Herdin Ismail, mengatakan, warga transmigrasi tersebut akan ditempatkan di Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Saluandeang, Mamuju Tengah.

"Jadi mereka akan ditempatkan disatu UPT, mereka disana akan diberikan tanah seluas dua hektar per KK dengan pola perkebunan sawit, satu hektar akan ditanami sawit yang akan dimitrakan dengan perusahaan, kemudian satu hektar dijadikan lahan pekarangan untuk tanaman jangka pendek,"kata Herdin.

Herdin mengatakan, satu tahun pertama warga transmigrasi akan diberikan jaminan hidup oleh pemerintah, mulai dari beras, ikan dan kebutuhan-kebutuhan lainnya.

"Tahun 2020 UPT Saluandeang akan mendapat tambahan 95 KK, kemudian UPT Salulisu akan dapat 75 KK, Pasangkayu akan datap 50 KK dan Mamasa 35 KK,"ujar Herdin.

Besok, lanjut Herdin, 70 KK warga transmigrasi dari tujuh daerah asal tersebut akan diterima secara resmi oleh Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah, kemudian akan diantar menuju pemukiman transmigrasi tujuan.

Wakil Gubernur Sulawesi Barat, Hj Enny Angraeny Anwar mengatakan, program transmigrasi tersebut adalah bentuk keseriusan pemerintah dalam menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Halaman
12
Penulis: Nurhadi
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved