TRIBUN WIKI

Mengenal Suku Ainu Kini Diakui Bahkan Dapat Subsidi 660 Juta Yen dari Pemerintah Jepang

Suku Ainu adalah suku asli orang Jepang. Suku Ainu ini resmi mendapat UU Perlindungan yang terbaru dari pemerintah Jepang.

Mengenal Suku Ainu Kini Diakui Bahkan Dapat Subsidi 660 Juta Yen dari Pemerintah Jepang
Istimewa
Mengenal Suku Ainu Kini Diakui Bahkan Dapat Subsidi 660 Juta Yen dari Pemerintah Jepang 

TRIBUNTIMURWIKI.COM- Suku Ainu adalah suku asli orang Jepang.

Suku Ainu ini resmi mendapat UU Perlindungan yang terbaru dari pemerintah Jepang.

Tak hanya itu bahkan mendapatkan subsidi dari Pemerintah Jepang sedikitnya 660 juta yen.

"UU Kebijakan Promosi Ainu telah efektif mulai 24 Mei 2019 setelah selama sekitar 10 tahun melakukan survei lapangan di 36 lokasi di Hokkaido dan Tokyo untuk mengumpulkan sebanyak informasi mengenai suku bangsa Ainu," papar Profesor Universitas Hokkaido, Profesor Teruki Tsunemoto siang ini (28/11/2019) dikutip dari Tribunnews.

Dilansir dari Tribunnews, inilah UU pertama yang resmi diluncurkan untuk kepastian dan perlindungan suku Ainu Jepang sehingga diharapkan posisinya akan lebih kuat lagi di masyarakat Jepang dan juga terlestarikan dengan lebih baik.

Untuk melindungi dan melestarikan bangsa Ainu tersebut, pemerintah Jepang juga mengeluarkan subsidi miliar yen tetapi tahap pertama masih 660 juta yen. menyusul tahap kedua dan selanjutnya nantinya.

Dana tersebut untuk berbagai kegiatan melestarikan bangsa Ainu, promosi pariwisata, pengelolaan paten dan hak cipta Ainu, pengembangan sumber daya manusia Ainu, peningkatan kualitas pelajar Ainu dan sebagainya.

Salah satu peruntukkan untuk untuk pembangunan pusat kegiatan Ainu di kota Shiraoi Hokkaido hanya satu jam perjalanan dari bandara Chitose Sapporo.

Pusat kegiatan itu dengan nama Upopoy yang berarti Bernyanyi di kelompok yang besar, bahasa Ainu.

Akan diresmikan rencana tanggal 24 April 2020 dan sebagai Ketua Penanggungjawab Ainu langsung di bawah Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga.

Halaman
1234
Penulis: Desi Triana Aswan
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved