Tribun Pangkep

VIDEO: Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pendidik Guru PAUD Kabupaten Pangkep

Kepala Bidang Guru dan Tenaga Pendidik, Rukmini menambahkan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru-guru di Pangkep.

TRIBUNPANGKEP.COM, PANGKAJENE - Puluhan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sekabupaten Pangkep mengikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Aula Appakabaji, Kantor Dinas Pendidikan Pangkep, Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep, Sulsel, Kamis (28/11/2019).

Kepala Bidang Guru dan Tenaga Pendidik, Rukmini menambahkan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru-guru di Pangkep.

"Guru-guru PAUD harus memiliki kompetensi sebagai bekal mengajar anak muridnya. Sehingga kita harapkan kedepannya menjadi guru profesional,"ujarnya.

Pemateri dari Lembaga Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPPPTK) (Kemendikbud) Gowa, Irlidiya menambahkan kalau guru PAUD memiliki kekhasan tersendiri.

"Mereka harus mampu mengenal lebih dini karakter anak-anak PAUD, karena pada fase tersebut penting karena masuk ke usia emas," ungkapnya.

Guru PAUD juga harus memiliki ketulusan, keikhlasan dan pengabdian yang tinggi.

"Setiap anak berbeda-beda guru PAUD lah yang pertama kali memberikan pembelajaran dini dengan membentuk karakter mereka," kata Irlidya.

Dia mengaku, salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru PAUD adalah pedagogik.

"Di tahap ini guru membuat anak-anak PAUD senyaman mungkin dengan konsep pedagogik," tambahnya.

Selain itu, pembelajaran yang menyenangkan dan baik dirancang yakni pengenalan tumbuhan melalui edukasi lagu hingga nyanyian.

"Senang juga anak PAUD kalau pembelajaran binatang, buah-buahan itu lewar lagu. Mereka dengan cepat akan menangkap pembelajaran tersebut," jelasnya.

Salah satu lagu edukasi yang baik yakni dengan memberi pesan edukasi lewat lagu.

"Contohnya Balonku Ada Lima dirubah menjadi Rukun Islam yang Lima dan Maju Tak Gentar dengan Guru Kreatif," jelasnya

Penulis: Munjiyah Dirga Ghazali
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved