Tribun Makassar

Rp 26 Miliar Dana Kelurahan Kota Makassar Mengendap di Pusat, Kok Bisa?

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan tak mengucurkan anggaran dana kelurahan Rp 26 miliar lebih untuk termin kedua di Kota Makassar.

Rp 26 Miliar Dana Kelurahan Kota Makassar Mengendap di Pusat, Kok Bisa?
abdiwan/tribun-timur.com
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Andi Khadijah Iriani (kanan) memberikan keterangan dalam coffee morning Pemkot Makassar di Kafe Iconik, Jl Amanaggappa, Makassar, Sulsel, Kamis (7/11/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -  Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan tak mengucurkan anggaran dana kelurahan sebesar Rp 26 miliar lebih untuk termin kedua di Kota Makassar.

Padahal, pemerintah pusat sudah mengucurkan Rp 27 miliar dari anggaran total Rp 53,9 miliar.

Hal itu terjadi karena tak adanya lurah yang menggunakan lebih lanjut.

Sehingga, Pemerintah Kota Makassar defisit karena harus membiayai pekerjaan yang selesai tapi tak ter-cover anggaran kelurahan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Andi Hadijah Iriani di ruangan kerjanya, Balaikota Makassar, Jl Ahmad Yani, Makassar, Sulsel, Rabu (27/11/2019).

"Alasannya, rata-rata lurah tak mau jalankan tak punya pejabat untuk pelaksana," kata Hadijah Iriani.

Tapi, Hadijah Iriani menjelaskan, masalah itu bisa diatasi dengan meminta bantuan dari kelurahan, kecamatan atau bahkan dari dinas lain.

Caranya, camat mengajukan permohonan kepada Badan Pengelolan Keuangan dan Aset dan Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Makassar.

"Bappeda di sini fungsinya melihat dan mengintervensi, 'eh...kenapa belum dikerja karena kan kita melihat serapan anggaran dan itu menjadi penilaian dalam kerja juga'," katanya.

Sehingga, menurutnya, Bappeda mendominasi kelihatan tapi pelaksana sebenarnya adalah kelurahan.

Halaman
123
Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved