Tribun Bantaeng

Tangkal Paham Radikalisme di Kalangan Pelajar, Sat Binmas Polres Bantaeng Lakukan Ini

Tangkal Paham Radikalisme di Kalangan Pelajar, Sat Binmas Polres Bantaeng Lakukan Ini

Tangkal Paham Radikalisme di Kalangan Pelajar, Sat Binmas Polres Bantaeng Lakukan Ini
Humas Polres Bantaeng
Satuan Binmas Polres Bantaeng Melaksanakan Focus Group Discusion (FGD) di SMA N 2 Bantaeng, Kelurahan Bonto Atu Kecamatan Bissappu, Bantaeng. 

TRIBUNBANTAENG.COM, BISSAPPU - Satuan Binmas Polres Bantaeng Melaksanakan Focus Group Discusion (FGD) di SMA N 2 Bantaeng, Kelurahan Bonto Atu Kecamatan Bissappu, Bantaeng.

Materi yang dibawakan Kasubbag TU Kantor Kemenag Bantaeng H Muh Ahmad Jailani ini mengangkat tema menangkal paham radikalisme di kalangan Pelajar.

Kegiatan yang diikuti sekitar 40 orang siswa SMA N 2 Bantaeng dipandu oleh personel Sat Binmas Polres Bantaeng Bripka Nur Amin didampingi Kasat Binmas IPTU Suardi serta Kepala SMA N 2 Bantaeng.

Ahmad Jailani menjelaskan pengertian radikalisme. Ia menyebutkan bahwa radikalisme berasal dari bahasa latin yaitu radix yang berarti akar. Istilah ini digunakan pada akhir abad ke-18 untuk pendukung gerakan radikal.

Lanjut H Ahmad Jailani menjabarkan jika, radikalisme itu levelnya ada dua, yang pertama pada level pemikiran atau wacana dan yang kedua adalah dalam hal aksi atau tindakan.

Dalam hal tindakan, radikalisme itu sudah dalam taraf melakukan aksi, mislanya menyerang kelompok tertentu.

Kasubbag TU Kantor Kemenag Bantaeng itu mengungkapkan inti dari tindakan radikalisme adalah sikap seseorang atau kelompok tertentu yang menggunakan cara kekerasan dalam mengusung perubahan yang diinginkan.

"Jika tidak diantisipasi maka tanpa disadari, kita semua akan ditarik kedalamnya dan ketika sudah berada di dalamnya, maka kita akan susah sekali untuk keluar," katanya, Rabu (27/11/2019).

"Bagaimana cara menangkalnya yakni perlu diperhatikan adalah, anak-anakku harus dapat melihat dan mengenali ciri-cirinya," pungkasnya.

Dihadapan para siswa ustadz Ahmad Jailani menjelaskan ciri dan paham radikalisme.

"Adapun ciri paham radikalisme itu adalah pertama mereka tidak mau menerima orang yang tak sepaham dengan mereka, kedua tidak memberikan penghargaan yang sama ke orang lain, dan yang ketiga mengajarkan paham takfiri, sedikit-sedikit kafir, sesat dan ahli neraka," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Ikbal Nurkarim
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved