Lantamal VI Makassar

Antisipasi Kejadian Ini, 4 Kapal Perang Dikerahkan ke Dermaga Layang Lantamal VI Makassar

Ke empat kapal perang tersebut, Kapal Angkatan Laut (KAL) Mamuju I-6-64, KAL Suluh Pari I-6-6.0, KAL Birang I.6-61, dan Patkamla P Langkai.

Lantamal VI
Empat kapal perang sandar di Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) VI Makassar, menggelar latihan bersama atau gabungan penanggulangan bencana, Rabu (27/11/2019) siang. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sebanyak empat kapal perang TNI AL, sandar di dermaga layang Pangakalan Utama TNI AL (Lantamal) VI Makassar, Rabu (27/11/2019) siang.

Ke empat kapal perang tersebut, Kapal Angkatan Laut (KAL) Mamuju I-6-64, KAL Suluh Pari I-6-6.0, KAL Birang I.6-61, dan Patkamla P Langkai.

Pengerahan empat kapal perang itu untuk mendukung latihan operasi gabungan penanggulangan bencana yang digelar Lantamal VI.

Simulasi latihan penanggulangan bencana itu mengibaratkan peristiwa bencana alam gempa dan tsunami yang terjadi di Palu 2018.

Dalam latihan gabungan tersebut, ke empat kapal perang itu disimulasikan bersama seluruh unsur Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) TNI lainnya, bergerak ke daerah bencana dan menolong korban bencana alam.

Saat tiba di daerah bencana, ke empat kapal perang itu dengan sigap melaksanakan demontrasi operasi penanggulangan bencana dan segera berkoordinasi dengan satuan tugas lainnya.

"Tujuannya, guna menolong korban bencana alam di Kota Palu," terang Dansatrol Lantamal VI Kolonel Laut (P) Victor Pardamean Y Siagian, yang juga sebagai ketua Kelompok Penyelengara Latihan (KPL) dalam rilis yang dikirm Kadispen Lantamal VI Kapten Laut Suparman Sulo.

Empat kapal perang itu, kata Victor Pardamean Y Siagian, memang khusus dikerahkan untuk mendukung latihan operasi gabungan terpadu Gulben Koarmada II TA 2019.

Satuan yang terlibat dalam latihan itu, Lantamal VI dan Marinir TNI AL, pasukan Kodam XIV Hasanuddin TNI AD, pasukan Paskhas TNI AU, pasukan Korps Brimob Polda Sulsel, pasukan Ditpolairud Polda Sulsel.

Turut serta Satgas kesehatan, Satgas evakuasi, Satgas SAR, Satgas pengungsi dan instansi terkait lainnya yang ada di Makassar.

Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi dan Danlantamal VI Makassar Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas memantau lansung latihan gabungan penanggulangan bencana tersebut. (*)

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

 

Penulis: Muslimin Emba
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved