KPU Makassar

Lembaga Survei, Pemantau dan Quick Count Wajib Terdaftar, Sumber Dana Jelas

Menurut Komisioner KPU Kota Makassar Endang Sari, pendaftaran lembaga independen mulai dibuka 1 November sampai 16 September 2020. Syaratnya mempunyai

hasan/tribun-timur.com
Komisioner KPU Kota Makassar Endang Sari, pendaftaran lembaga 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar mulai membuka pendaftaran bagi lembaga independen yang memantau dan melakukan survei serta penyelenggara hitung cepat atau quick count pada Pemilihan Wali Kota 2020 mendatang.

Menurut Komisioner KPU Kota Makassar Endang Sari, pendaftaran lembaga independen mulai dibuka 1 November sampai 16 September 2020. Syaratnya mempunyai sumber dana yang jelas.

"Lembaga pemantau juga terdaftar dan memperoleh akreditasi dari KPU Kota Makassar, sesuai dengan cakupan wilayah pemantauanya," kata Endang Sari kepada Tribun, Sabtu (23/11/2019).

Sedangkan untuk lembaga survei atau jajak pendapat penghitungan cepat mulai dibuka sejak 1 November sampai 23 Agustus 2020 mendatang.

Bagi lembaga survei dan quit count wajib menyerahkan dokumen rencana jadwal dan lokasi survei, akte pendirian atau badan hukum lembaga, susunan kepengurusan lembaga dan surat keterangan domisili dari desat atau kelurahan atau istansi pemerintah setempat.

"Ia menyerahkan dokumen surat keterangan instansi berwenang yang menyatakan lembaga survei dan pelaksana perhitungan cepat telah bergabung dalam asosiasi lembaga survei," sebutnya.

Menurut Endang bagi lembaga survei yang ingin mendaftar harus membuat surat pernyataan tidak melakukan keberpihakan yang menguntungkan atau merugikan peserta.

Lembaga itu tidak mengganggu proses penyelenggaraan tahapan pemilihan. Bertujuang mendorong partisipan masyarakat secara luas.

Mendorong terwujudnya suasana kondusif bagi penyelenggara yang aman, damai tertib dan lancar. Benar benar melakukan wawancara dalam melaksanakan survei.

Lalu tidak berjanji tidak menguba data lapangan maupun pemprosesan data, menggunakan metode ilmia. Melaporkan metode cuplikan data, sumber dana, jumlah responden, tanggal dan tempat pelaksanaan.

Halaman
12
Penulis: Hasan Basri
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved