UMI Makassar

Dosen UMI Ajak Lansia Senam Otak di Puskesmas Pampang, Ini Manfaatnya

Kegiatan senam ini ditujukan kepada para orang tua lanjut usia (lansia) tepatnya berlangsung di Senam otak ini dilaksanakan salah satu posyandu lansia

Dosen UMI Ajak Lansia Senam Otak di Puskesmas Pampang, Ini Manfaatnya
Dosen UMI
Tim Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Mulsim Indonesia (UMI) yang diketuai oleh Rahmawati Ramli dan Suhermi melakukan pengabdian masyarakat di Wilayah kerja Puskesmas Pampang. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-  Tim Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Mulsim Indonesia  (UMI) yang diketuai oleh Rahmawati Ramli dan Suhermi melakukan pengabdian masyarakat di Wilayah kerja Puskesmas Pampang.

Pengabdian berupa pelatihan senam otak, Sabtu (23/11/2019).

Kegiatan senam ini ditujukan kepada para orang tua lanjut usia (lansia).

Senam otak ini dilaksanakan salah satu posyandu lansia yang berada di wilayah kerja Puskesmas Pampang di RW 004.

Sebanyak 30 lansia yang berdomisili di sekitar Puskesmas antusias mengikuti kegiatan ini.

Rahmawati Ramli menjelaskan seiring dengan betambahnya usia, lansia juga sering dihadapkan oleh berbagai masalah kesehatan salah satunya penurunan fungsi kognitif.

Yaitu menurunnya kemampuan dalam proses berpikir atau mengingat kembali suatu kejadian atau peristiwa baik jangka pendek maupun jangka panjang, yang sering terjadi pada lansia.

"Salah satu cara untuk meningkatkan status kognitif adalah dengan senam otak," katanya.

Senam otak menurutnya adalah serangkaian gerak sederhana. Menyenangkan digunakan untuk memadukan semua bagian otak yang berfungsi meningkatkan kemampuan belajar. Membangun harga diri dan rasa kebersamaan.

Tujuannya untuk meningkatkan rasa percaya diri, merangsang otak kiri dan kanan, merelaksasi otak dan dapat meningkatkan fungsi kognitif.

Halaman
12
Penulis: Alfian
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved