Tribun Gowa

Camat Diminta Antisipasi Potensi Banjir dan Longsor di Gowa

Menurutnya, hujan di wilayah Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Gowa terjadi mulai November 2019 hingga Maret 2020.

Camat Diminta Antisipasi Potensi Banjir dan Longsor di Gowa
ari maryadi/tribungowa.com
Pelatihan penanggulangan bencana alam di Kabupaten Gowa. 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Camat se-Kabupaten Gowa diimbau agar mulai meningkatkan kesiapsiagaan dan mengambil langkah antisipasi terhadap musim hujan yang akan datang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa Ikhsan Parawansa mengatakan, imbauan tersebut berdasarkan instruksi Bapak Bupati Gowa.

Menurutnya, hujan di wilayah Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Gowa terjadi mulai November 2019 hingga Maret 2020.

Hal itu didasarkan pada kondisi iklim yang dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Sementara puncak terjadinya hujan yakni akhir November, Desember dan Januari 2020.

"Berdasarkan laporan BMKG curah hujan yang akan terjadi di wilayah Kabupaten Gowa agak ekstrim lagi," katanya, Jumat (22/11/2019).

Ikhsan menilai cuaca ekstrem seperti itu memungkinkan untuk terjadinya banjir dan longsor bila tidak diantisipasi.

Oleh karena itu, kata, Bapak Bupati Gowa menginstruksikan ke tingkat kecamatan agar mulai mengambil langkah antisipasi mulai saat ini.

Dalam imbauan tersebut seluruh camat diminta untuk mengimbau seluruh masyarakatnya agar senantiasa mewaspadai kondisi musim hujan yang sedang berlangsung.

Termasuk bagi camat yang berada di wilayah dataran rendah dan terdapat aliran sungai agar diberikan peringatan dan kesiap-siagaan.

Halaman
12
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved