Tribun Pangkep

VIDEO: Begini Cara Bidang GTK Diknas Pangkep Tingkatkan Kompetensi Pendidik

Menurutnya, guru-guru SD di Pangkep harus memiliki skill atau keahlian dalam menyajikan materi ajar di kelas.

TRIBUNPANGKEP.COM, PANGKAJENE - Sebanyak 248 guru-guru SD di Kabupaten Pangkep mengikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pendidik di SD Negeri 18 Pangkajene, Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep, Sulsel, Kamis (21/11/2019).

Pelatihan ini berlangsung selama empat hari dengan diikuti oleh guru-guru SD kelas 3 dan kelas 6.

Kepala Bidang Guru dan Tenaga Pendidik (GTK) Dinas Pendidikan  Pangkep, Rukmini mengatakan kegiatan ini memberi edukasi kepada guru menyusun pembelajaran menarik.

Menurutnya, guru-guru SD di Pangkep harus memiliki skill atau keahlian dalam menyajikan materi ajar di kelas.

Cara guru-guru SD ini menyajikan materi itulah yang harus diperbaiki, agar murid SD tidak bosan dan materi yang disampaikan dapat langsung dicerna murid tersebut.

Mereka, memang harus diberikan pelatihan kompetensi guru untuk menunjang tugasnya sebagai guru dan memposisikan diri sebagai orangtua di sekolah.

"Pelatihan ini sebagai penguatan kurikulum K13 terutama pada asesment yang menyajikan materi tentang bagaima guru-guru SD kita di Pangkep menyusun pembelajaran yang menarik," ujar mantan guru SD tersebut.

Selain itu, guru-guru SD ini juga diajari kemampuan baca Al quran dengan baik.

"Kita juga tes mereka mengaji, hal ini bertujuan mengetahui sejauh mana kemampuan mereka dalam membaca Al quran," ungkapnya.

Para pengajar dalam tes mengaji ini dari guru-guru Agama Islam yang telah memiliki kemampuan yang baik dalam hal membaca Al quran.

"Kita berdayakan guru-guru Agama kita yang memang kompetensi mereka kesana. Alhamduliah semua guru yang dites ini sudah pintar, tetapi mereka harus banyak belajar lagi soal tajwidnya," jelasnya.

Kedepannya, Bidang GTK akan terus melakukan pelatihan seperti ini agar guru-guru SD di Pangkep memiliki pengetahuan yang luas.

Penulis: Munjiyah Dirga Ghazali
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved