Tribun Luwu

Desa Malela Dapat Penghargaan ODF dari Bupati Luwu

Kepala Desa Malela, Muharram, mengatakan penghargaan ini merupakan kebanggaan masyarakat Desa Malela.

Desa Malela Dapat Penghargaan ODF dari Bupati Luwu
desy arsyad/tribunluwu.com
Bupati Luwu, Basmin Mattayang, saat memberikan penghargaan ODF kepada Kepala Desa Malela, Muharram, usai upacara HKN di Lapangan upacara kantor bupati di Kelurahan Senga, Rabu (20/11/2019). 

TRIBUNLUWU.COM, BELOPA - Desa Malela, Kecamatan Suli, Luwu, mendapat penghargaan, Open Defecation Free (ODF) di Hari Kesehatan Nasional.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Bupati Luwu, Basmin Mattayang, usai upacara HKN di Lapangan upacara kantor bupati di Kelurahan Senga, Rabu (20/11/2019).

Kepala Desa Malela, Muharram, mengatakan penghargaan ini merupakan kebanggaan masyarakat Desa Malela.

Dimana, masyarakat sudah tidak lagi membuang air besar di sembarang tempat.

"Ini karena masyarakat peduli kesehatan, tidak ada lagi masyarakat yang tidak memiliki jamban," ujarnya.

Warga Desa Malela Luwu Bawa Bantuan Untuk Korban Gempa Donggala-Palu

Disamping itu Basmin Mattayang menegaskan kepada stakeholder untuk mempersiapkan diri untuk meraih predikat kabupaten sehat.

Sebab, tahun ini Kabupaten Luwu masih belum meraih predikat tersebut berdasarkan penilaian dari tim verifikasi lapangan kabupaten sehat tingkat nasional.

Yang terdiri dari Perwakilan Kementerian kesehatan RI, Kementerian Dalam Negeri RI, Dinas Kesehatan dan Bappeda Provinsi Sulawesi Selatan.

Ada sembilan tatanan penilaian, diantaranya menyangkut kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, sarana lalulintas tertib dan lainnya.

"Camat dan kepala puskesman sebagai motor penggerak masyarakat, dinas-dinas bertindak sebagai motivator. Selain itu, pada HKN tahun 2019, ada beberapa yang menjadi perhatian khusus pemerintah pusat, antara lain persoalan stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional,"

Halaman
12
Penulis: Desy Arsyad
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved